SOLOPOS.COM - Obyek wisata Soko Langit Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. (Istimewa Pokdarwis)

Solopos.com, WONOGIRI — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merekomendasikan 10 desa wisata di Jawa Tengah yang dinilainya cocok untuk healing. Salah satunya Desa Conto di Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.

Rekomendasi itu disampaikan Ganjar melalui akun Instagram resminya @ganjar_pranowo, Sabtu (21/1/2023). “Kalau mau healing, ini ada rekomendasi 10 Desa Wisata di Jateng yang bisa kamu kunjungi. Gak perlu ragu, karena rekomendasi ini sudah terbukti di Ajang Desa Wisata Jawa Tengah 2022,” tulis pengelola akun @ganjar_pranowo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ada pun 10 desa wisata yang direkomendasikan Ganjar meliputi:
1. Desa Wisata Giyanto di Kabupaten Wonosobo
2. Desa Wisata Kandri di Kota Semarang
3. Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri
4. Desa Wisata Dawuhan di Kabupaten Banjarnegara
5. Desa Wisata Muncar di Kabupaten Semarang
6. Desa Wisata Sambongrejo di Kabupaten Blora
7. Desa Wisata Somongari di Kabupaten Purworejo
8. Desa Wisata Karangrejo di Kabupaten Magelang
9. Desa Wisata Pekunden di Kabupaten Banyumas
10. Desa Wisata Sidowarno di Kabupaten Klaten

Dalam ajang penghargaan desa wisata terbaik Jateng 2022, Desa Wisata Conto, Wonogiri, mendapatkan anugerah sebagai Juara Sapta Pesona dan CHSE (cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Unggahan tersebut mendapatkan apresiasi dari warganet yang merasa bangga desa wisata di daerah mereka ikut dipromosikan. “Wonogiri si keren banget viewnya,” tulis pengguna akukn @syaniyan di kolom komentar.

Saran Pengembangan Desa Wisata

“Bangganya jadi warga conto,” komentar pengguna akun @larasatidevy. Meski begitu banyak pula warganet yang memberikan saran dan masukan mengenai pengembangan desa wisata tersebut.

“Next step dibuatkan website asing2 Desa Wisata pak. Untuk update info event tahunan lengkap dengan tanggap, itinerary, penginapan dll. Tujuannya memudahkan buat wisatawan yg berencana utk lihat dan datang. Website di link kan ke google maps location. Dan yg paling utama transportasi publik yang terkoneksi sampai lokasi wisata, dari stasiun atau terminal antar kota, bisa didapatkan infonya di google maps. Jadi semua orang dari semua daerah meski tidak punya mobil bisa datang. Dream of Future Indonesia.,” t ulis @onebernad.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Desa Wisata Conto Wonogiri dianugerahi pemandangan alam indah dan cantik yang kemudian dikembangkan oleh masyarakat desa setempat untuk objek wisata. kolam renang Soko langit, Goa Resi, kebun sayur, hutan pinus, dan camping ground.

Sementara itu, dilansir laman https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/conto, desa di lereng Gunung Lawu berbatasan langsung dengan Magetan, Jawa Timur, tersebut juga masuk 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

ADWI merupakan ajang penghargaan bagi desa wisata di Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya