SOLOPOS.COM - Satai dan rica-rica mentok di Rumah Makan (RM) Selera Pemberani di Mojogedang, Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Di berbagai wilayah di Soloraya kini marak warung-warung makan yang menjual masakan berbahan mentok. Tak terkecuali di Kabupaten Karanganyar, warung mentok juga menjamur di beberapa daerah seperti di Kecamatan Mojogedang, Ngargoyoso, dan Kerjo.

Umumnya, warung makan ini menjual menu mentok dengan masakan rica-rica, rica-rica goreng, dan daging goreng. Tapi, di Rumah Makan (RM) Selera Pemberani di Mojogedang, selain menyajikan menu masakan tersebut, mereka juga menyediakan menu spesial sate mentok. Boleh dibilang, menu ini masih langka atau malah mungkin belum ada di Karanganyar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dari penampilannya, sate mentok ini sama dengan satai kambing bumbu kecap. Potongan daging mentok segar yang sudah ditusuk tersebut dibakar kemudian dibumbui kecap. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan irisan bawang merah, cabai, dan kubis.

Satai Mentok Mojogedang karanganyar
Satai mentok di Rumah Makan (RM) Selera Pemberani di Mojogedang, Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Rasanya satai mentok ini sangat gurih dan lezat. Tekstur berserat pada daging mentok pun sudah tidak terasa. Yang ada hanya rasa empuk dalam balutan kecap bertabur bubuk merica.

Baca Juga: Daftar Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing – Kambing Guling

Dalam satu penyajiannya terdapat empat tusuk satai dengan potongan daging yang lumayan besar-besar. Sehingga cukup mengenyangkan jika dimakan dengan sepiring nasi putih dan segelas minuman.

Soal harga, seporsi satai mentok ini juga cukup terjangkau, yakni Rp25.000. Harga tersebut sudah termasuk sepiring nasi dan segelas minuman es teh atau teh hangat.

Pemilik rumah makan, Hadi Sugino, 44, mengatakan ide membuat menu satai mentok ini hanya coba-coba. Namun ternyata banyak yang suka sehingga saat ini melengkapi menu-menu masakan lainnya.

Baca Juga: Mau Nikmati Sore Syahdu di Colomadu? Coba Tempat Nongkrong Asyik Ini

“Coba-coba saja. Ternyata banyak yang suka. Jadi untuk masakan mentok di tempat kami ada rica-rica, rica-rica goreng, daging goreng, dan satai. Semuanya disukai pelanggan,” ujar Hadi Sugino yang akrab disapa Benjo ini saat ditemui Sabtu (8/10/2022).

Satai Mentok Mojogedang karanganyar
Rumah Makan (RM) Selera Pemberani di Mojogedang, Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Sementara itu, selain masakan berbahan mentok, RM Selera Pemberani juga menyediakan menu yang berbahan dasar ayam dan bebek dengan variasi masakan goreng, bakar, rica-rica, rica-rica goreng. Ada juga aneka mi, nasi goreng, hingga nila bakar. Untuk minuman juga ada banyak pilihan mulai teh manis hingga kelapa muda.

Warung ini selalu ramai didatangi pengunjung. Mereka datang dari berbagai daerah di Soloraya, bahkan dari kota lainnya. Pengunjung yang datang kemalaman juga tidak perlu khawatir rumah makan ini tutup. Sebab meskipun bukanya mulai sekitar pukul 08.00 WIB, rumah makan ini tetap buka sampai dini hari.

Baca Juga: Garuda Indonesia, Pesawat yang Bakal Dipakai di Resto Unik Karanganyar

“Itulah kenapa saya namai Selera Pemberani. Karena buka sampai malam,” ujar benjo.

Dengan waktu buka yang panjang tersebut, dalam sehari rumah makan ini rata-rata menghabiskan 30-50 ekor mentok, belum termasuk ayam dan bebek.

Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa datang langsung ke rumah makan yang terletak di Dusun Jatimulyo, Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang. Jaraknya sekitar 14 kilometer dari Alun-alun Karanganyar ke arah timur laut. Untuk menjangkaunya, akan lebih mudah menggunakan aplikasi peta. Sebab, letaknya bukan di pinggir jalan raya, tapi masuk ke jalan kampung.

“Pada  2017 saya buka warung di pinggir jalan [jalan Grompol-Mojogedang]. Lalu 2019 saya pindah ke dalam, biar dekat rumah. Walau tidak di pinggir jalan lagi, alhamdulilah pelanggan tetap banyak yang datang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya