SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Solopos.com) – Sejumlah guru sertifikasi di Kabupaten Sukoharjo mempertanyakan penyaluran kekurangan tunjangan satu bulan terakhir tahun 2010. Hal itu menyusul belum adanya kejelasan pembayaran tunjangan tersebut dari Dinas Pendidikan (Disdik).

Guru sertifikasi di salah satu SD di Kecamatan Sukoharjo yang enggan disebut namanya menyatakan banyak guru yang mengeluh dan menagih kekurangan pelunasan tahun lalu. “Kami bertanya-tanya karena pembayarannya sudah menjadi hak kami, sedangkan sampai sekarang belum ada kepastian pencairan,” ungkapnya saat ditemui Espos, Kamis (3/11/2011).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Guru sertifikasi lain di Weru, mengatakan hal serupa. Menurut dia meskipun sudah memasuki akhir tahun 2011 atau hampir satu tahun mengalami keterlambatan, belum ada kejelasan kapan tunjangan dengan besaran satu kali gaji per bulan akan dicairkan ke masing-masing rekening guru yang berhak. “Tunjangan sertifikasi 2010 disalurkan dua tahap, lima bulan dan enam bulan. Jadi seluruhnya baru 11 bulan dari seharusnya 12 bulan atau kurang satu bulan lagi,” tandasnya secara terpisah.

Kepala Disdik Kabupaten Sukoharjo, Djoko Raino Sigit, tak membantah perihal tunjangan sertifikasi tahun 2010 yang masih belum dibayarkan satu bulan. Dia menegaskan hal itu karena tak ada dana yang digunakan untuk membayar. Seperti halnya guru sertifikasi yang belum mendapatkan haknya, Djoko juga mengaku belum bisa memastikan secara persis waktu pencairannya ke guru penerima.

“Memang belum dibayarkan yang satu bulan, tetapi itu karena tidak ada dananya. Kami juga sudah mengusulkan pencairan ke provinsi,” papar Djoko yang ketika dihubungi mengaku sedang di Jakarta.

Djoko Raino menambahkan kekurangan atau tunggakan satu bulan tunjangan sertifikasi tahun 2010 tidak hanya terjadi di Kabupaten Sukoharjo, namun juga di daerah-daerah lain. Pengusulan pencairan kekurangan tunjangan itu, tandas dia, disertai dengan berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Pada bagian lain Djoko mengemukakan sejauh ini tunjangan sertifikasi tahun 2011 telah disalurkan lima bulan pada tahap pertama. Tunjangan serupa tahap II, ujarnya, diharapkan bisa dicairkan dalam waktu dekat. “Tahap II 2011 diharapkan segera cair, tetapi yang tiga bulan dulu, sisanya menyusul.”

Jika penyaluran tahap II 2011 betul-betul terealisasi sejumlah tiga bulan, papar dia, tunjangan yang telah cair pada periode tahun berjalan baru delapan bulan atau sampai Agustus.

try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya