SOLOPOS.COM - Sejumlah pemudik telah tiba di Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (3/4/2024). Pihak Terminal Tirtonadi, Solo memprediksi pada arus mudik Lebaran 2024 ini jumlah pemudik bus yang tiba di Terminal Tirtonadi meningkat 10 persen dari 2023 atau mencapai 201.588 dari sebelumnya 183.262 orang. (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO–Sepekan menjelang Lebaran, pemudik yang berangkat menggunakan bus dari Terminal Tirtonadi masih sepi. Hal itu disampaikan oleh salah satu petugas loket tiket bus PO Gunung Mulia, Untung, saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Rabu (3/4/2024).

Untung juga menyampaikan sepinya pemudik yang menggunakan bus di Terminal Tirtonadi tidak hanya berlaku untuk PO Gunung Mulia, namun bus lainnya juga.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ini masih sepi, loket yang lainnya pun juga sepi penumpang,” kata Untung sambil menunjuk ke arah loket-loket tiket bus yang ada di Terminal Tirtonadi.

Menurut Untung, sepinya pemudik di Terminal Tirtonadi menjelang Lebaran sudah lazim terjadi dari tahun ke tahun. Karena, menurut dia, Kota Solo adalah tujuan bagi pemudik. Sehingga saat momen berangkat mudik sepi, namun saat momen balik mendatang akan ramai.

“Biasanya memang kayak gini. Pas berangkat mudik sepi, ramainya nanti setelah lebaran, mulai H+4 Lebaran,” kata dia.

Saat ditanya apakah sudah ada pesanan tiket bus untuk keberangkatan mendekati waktu Lebaran mendatang, Ia menjawab belum ada.

“Sekarang belum ada, enggak tahu ke depannya bagaimana, nanti. Hari ini saja, dari pagi sampai sekarang [14.40 WIB] belum ada satu pun tiket yang terjual,” kata dia, Rabu (3/4/2024).

Justru untuk arus balik Lebaran, PO Gunung Mulia sudah mendapat pesanan tiket bus. “Kalau untuk setelah Lebaran sudah ada 2 atau 3 orang. Kalau enggak salah untuk tanggal 14 dan 15 April,” kata dia.

Untung juga menjelaskan bus PO Gunung Mulia melayani perjalanan mulai dari Wonogiri, Jawa Tengah, hingga Tangerang, Banten.

“Kalau pun nanti meningkat, biasanya naiknya dari daerah-daerah sekitar Solo, seperti Wonogiri, Sragen, dan sebagainya. Di sini [Terminal Tirtonadi] cuma untuk transit. Paling kalau sudah habis tiket dari daerah, baru mereka [pemudik] mencari tiketnya ke sini,” kata dia.

Hal yang sama juga disampaikan oleh petugas loket Layanan Tiket dan Paket Arlita, Redi. Loket itu berada di area luar Terminal Tirtonadi, tepatnya di Jl Dr. Setiabudi.

Loket itu melayani penjualan tiket berbagai bus yang berangkat dari Kota Solo ke arah timur hingga Denpasar, Bali. Adapun jenis-jenis bus itu, seperti Restu Mulia, Tami Jaya, Gunung Harta, dan sebagainya.

Kepada Solopos.com, Redi menyampaikan bahwa menjelang Lebaran ini pemudik yang berangkat dari Kota Solo, khususnya yang memesan tiket lewat loket itu sepi. Akan ramai, lanjut dia, setelah Lebaran.

“Saat ini masih sepi. Dan itu berlaku untuk semua bus yang tiketnya kami jual di sini. Mungkin nanti setelah Lebaran akan ramai,” kata dia saat diwawancarai Solopos.com di kantornya, Rabu (3/4/2024).

Redi juga menjelaskan bahwa sudah ada beberapa pemudik yang pesan tiket untuk arus balik Lebaran. “Untuk mulai tanggal 16 April sudah ada yang memesan tiket. Kira-kira kurang dari 50% dari isi bus,” jelas Redi.

Alasan yang disampaikan Redi sama seperti yang disampaikan oleh Untung bahwa Kota Solo dan sekitarnya menjadi tujuan mudik sehingga mulai ramai penumpang bus saat arus balik Lebaran tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya