SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Habib Syech, hadir dalam acara Pramuka Berselawat di Solo, Jumat (3/12/2021) malam. (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SRAGEN — Habib Syech Abdul Qodir Assegaf direncanakan memimpin acara selawatan di Objek Wisata Gunung Kemukus, Sragen. Pemkab Sragen merencanakan mengadakan kegiatan Kemukus Berselawat yang menghadirkan Habib Syech untuk memperingati Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen.

Selain Kemukus Berselawat, Pemkab Sragen juga akan menggelar Pasar Ekonomi Kreatif New Kemukus di objek wisata yang tengah hype itu. Untuk kepastian tanggal pelaksanaan, masih dirapatkan lebih lanjut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pemkab Sragen memang tengah getol berupaya mengubah stigma negatif Gunung Kemukus yang dulunya dicitrakan sebagai objek wisata esek-esek. Dengan mengusung brand anyar New Kemukus, objek wisata yang baru saja selesai direvitalisasi itu diharapkan menjadi destinasi wisata keluarga dan religi.

Selain kedua acara tersebut, Pemkab Sragen juga akan menggelar pentas musik yang menghadirkan penyanyi sekaligus Youtuber Tri Suaka dan Nabila. Bagi pecinta olahraga balap sepeda, akan ada Tour de Sragen yang akan menempuh rute sejauh 100 km dari Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen dan finis di Gunung Kemukus.

Baca Juga: Hadiri Pramuka Berselawat, Ganjar Ketemu Habib Syech di Solo

Pemkab Sragen merencanakan perayaan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen ini menghabiskan anggaran sekitar Rp1 miliar. Selain dari APBD Sragen, sumber annggaran kegiatan akan dicarikan dari BUMD dan sponsor.

“Anggarannya Rp1 miliar itu lewat Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Anggaran itu terbagi untuk berbagai kegiatan, seperti Tour de Sragen, karnaval pembangunan, hingga konser musik dengan mendatangkan Tri Suaka dan Nabila. Anggaran Rp1 miliar itu relatif sedikit. Di daerah lain ada yang mengundang Iwan Fals anggaran lebih dari Rp1 miliar,” jelas Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (10/3/2022).

Bupati berharap perayaan Hari Jadi Kabupaten Sragen ini bisa menjadi momentuk menggerakan ekonomi warga yang sempat terhenti akibat pandemi. Rangkaian kegiatan yang digelar juga menjadi sarana untuk mempromosikan Sragen ke tingkat nasional.

Baca Juga: Ini Daftar Kegiatan Seru yang akan Digelar di Hari Jadi Sragen

“Saya minta para camat berkreativitas untuk menampilkan spot-spot wisata di wilayah masing-masing saat adanya Tour de Sragen yang jarak tempuhnya 100 km. Jadi spot-spot itu bisa menjadi tempat beristirahat peserta,” sambung Yuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya