SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLOPolresta Solo menyiapkan pasukan sebanyak 1.116 personel untuk penjagaan dan pengamanan di wilayah Kota Solo menyambut pemudik saat momen Idulfitri.

Kapolresta Solo, Kombes Pol. Iwan Saktiadi, menyampaikan para personel akan disebar di sejumlah lokasi dengan menyesuaikan situasi dan kondisi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Solo sudah siap menyambut para pemudik yag akan hadir di segala moda transportasi, baik itu udara melalui Bandara Adi Soemarno, darat melalui Stasiun Balapan, kemudian juga Terminal Tirtonadi,” ucap dia saat ditemui awak media di Benteng Vastenburg pada Minggu (16/4/2023).

Kombes Pol. Iwan mengatakan lokasi-lokasi tersebut menjadi transit para pemudik ke Kota Solo. Jumlah personel yang akan dikerahkan dalam menyambut momen Idulfitri masih akan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada. Bila perlu penambahan personel, maka akan ditambahkan.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Iwan menjelaskan, semua langkah-langkah pengamanan dan penjagaan oleh kepolisian menyesuaikan situasi yang berkembang.

“Kalau langkah-langkah kepolisian [penggunaan sniper misalnya], kami akan melakukan langkah-langkah kepolisian tingkat apapun menyesuaikan situasi dan kondisi dinamika di lapangan,” papar dia.

Artinya, cara-cara bertindak Polresta Solo di lapangan, baik itu preemtif, preventif, dan represif akan dilakukan sesuai eskalasi masalah yang ada di lapangan. Para personel akan ditempatkan di sejumlah pos yang sudah disiapkan, baik pos pelayanan maupun pengamanan. Diharapkan, kondisi dapat selalu aman, termasuk pelaksanaan ibadah saat hari raya ataupun saat operasi ketupat.

“Pergerakan masyarakat selama libur Lebaran juga akan dipantau, baik dari pos pengamanan maupun pos pelayanan yang ada,” terangnya.

Terkait pengamanan saat malam takbiran, Kombes Pol. Iwan menjelaskan takbiran tidak turun ke jalan raya sesuai imbauan kementerian agama (kemenag). Aktivitas masyarakat pada malam takbiran diharapkan lebih berpusat di masjid-masjid saat meramaikan malam Lebaran.

“Kami tidak menyarankan untuk turun di jalan raya karena membahayakan, apalagi dengan bak terbuka. Bisa mengganggu pengguna jalan yang lain juga,” papar dia.

Adapun target pengamanan saat pelaksanaan Salat Idulfitri, salah satunya di Masjid Raya Sheikh Zayed. Kombes Pol. Iwan menjelaskan, sejak pertama di buka, polresta telah melakukan pendampingan kemananan di masjid tersebut. Nantinya termasuk saat pelaksanaan Salat Idulfitri.

“Tentunya jemaah juga akan banyak, kami akan kerahkan personel. Kami sesuaikan untuk prediksinya seperti apa nanti, jika memang full sampai bilangan di atas 5.000 orang bahkan sampai 10.000 orang, ya kami kerahkan personel sesuai perkembangan situasi yang ada,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya