SOLOPOS.COM - Sejumlah pimpinan parpol di Wonogiri bersama komisioner KPU dan anggota Bawaslu Wonogiri berfoto bersama di salah satu rumah makan di Wonogiri, Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRIPartai politik (parpol) baru yang menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024 optimistis bisa bersaing dengan parpol lama, baik parpol parlemen atau nonparlemen. Mereka siap mengambil hati konstituen melalui pendekatan-pendekatan khusus.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gelora Wonogiri, Sriyadi, meyakini partainya bisa mendulang suara di Pemilu Legislatif 2024 di Wonogiri. Misi partai yang dipimpin Anis Matta ini, yakni mendidik dan memberdayakan masyarakat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Jauh sebelum masa pendaftaran peserta Pemilu Legislatif 2024, Partai Gelora sudah mulai merealisasikan apa yang menjadi tujuan dari partai, yaitu mendidik dan memberdayakan masyarakat. Partai Gelora telah memberdayakan masyarakat melalui program penggemukan domba.

Tidak mengherankan jika pada tahapan verifikasi faktual parpol, Partai Gelora tidak menemui hambatan berarti sehingga tidak perlu mengikuti verifikasi faktual perbaikan.

Sebagai partai baru, Partai Gelora menawarkan hal yang baru pula kepada masyarakat. Melalui program tersebut, Partai Gelora menilai akan memiliki konstituen yang loyal. Sebab, mereka sudah merasakan langsung program pemberdayaan dari partai.

Baca Juga: Genjot Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024, KPU Wonogiri bakal Gandeng Kaum Boro

“Pendekatan kami melalui edukasi politik. Kami ingin event lima tahunan itu tidak hanya sebagai ajang pemilihan anggota legislatif. Tapi benar-benar menjadi sarana perubahan untuk lima tahun ke depan,” kata Sriyadi kepada Solopos.com melalui sambungan telepon WhatsApp (WA), Minggu (18/12/2022).

Selain itu, dengan komitmen partai yang terbuka (tidak memandang ras, suku, agama) partai baru ini dianggap akan lebih mudah mendapat dukungan masyarakat. Bahkan Partai Gelora membuka seluas-luasnya bagi masyarakat Wonogiri yang ingin menjadi bakal calon legislatif Wonogiri.

“Saat ini Partai Gelora sudah memiliki pengurus tingkat kecamatan di 15 kecamatan di Wonogiri. Kami akan berkonsolidasi dan berupaya menambah pengurus baru di kecamatan lain,” ucap dia.

Dia menambahkan, Partai Gelora bakal menargetkan satu hingga dua kursi di setiap daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD Wonogiri pada Pemilu Legislatif 2024. Target itu dinilai realistis berdasarkan perhitungan internal partai.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pembagian Dapil di Wonogiri saat Pemilu 2024

“Kami yakin bisa mencapai target itu,” kata Sriyadi.

Ketua DPC Partai Buruh, Lasmini, juga menyampaikan keyakinannya bisa bersaing dengan partai kawakan di Wonogiri. Kendati belum dapat memberikan keterangan soal target partai di Wonogiri, ia yakin Partai Buruh bisa mengeruk suara di Wonogiri.

“Kami belum ada rakerda (rakerda) jadi belum bisa berbicara banyak. Yang jelas kami ikut instruksi dari pusat. Bismillah, kami bisa dapat kursi di DPRD Wonogiri,” kata Lasmini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya