SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemberangkatan Haji (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Pemberangkatan jemaah calon haji (calhaj) Embarkasi Solo gelombang I selesai Selasa (24/9/2013). Selanjutnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo 2013 akan mulai memberangkatkan calhaj gelombang II pada Rabu (25/9/2013).

Kasubbag Pengumpulan dan Pengolahan Data (Pulahta) PPIH Embarkasi Solo 2013, Roqi Setyawan, mewakili Kasubbag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo 2013, Badrus Salam, ketika ditemui wartawan, Senin (23/9/2013), mengatakan gelombang I terdiri atas kelompok terbang (kloter) 1-36. Sedangkan gelombang II adalah para calhaj kloter 37-71.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kloter 37 mulai datang Selasa. Mereka adalah jemaah calhaj asal Kabupaten Jepara. Jadwalnya, mereka akan mendapat pelayanan kesehatan pada pukul 13.00 WIB,” ujar dia.

Menurutnya, pemberangkatan jemaah calhaj Embarkasi Solo dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilakukan 9-23 September. Sementara gelombang II dilakukan 24September-8 Oktober mendatang. Pembagian gelombang tersebut dilakukan agar jemaah tidak ketinggalan waktu wukuf di Arafah.

“Rute calhaj yang masuk gelombang I adalah embarkasi, Jeddah, Madinah lalu ke Mekah. Sedangkan gelombang II, setibanya di Jeddah langsung menuju Mekah. Mereka baru ke Madinah setelah prosesi ibadah haji selesai,” terangnya.

Pertimbangan lain dalam pemberangkatan tersebut adalah adanya prosesi arbain [mengerjakan salat 40 waktu di Madinah]. Jika jemaah kloter 37 dan seterusnya dipaksakan menuju Madinah sebelum ke Mekah, dikhawatirkan mereka akan ketinggalan waktu wukuf.

“Biasanya, jemaah calhaj berada di Madinah 8-9 hari. Tergantung waktu kedatangan mereka di sana. Kalau calhaj tiba pada waktu isya, kemungkinan ia akan berada di Madinah selama 9 hari. Sedangkan jika ia tiba saat waktu subuh, ia kemungkinan tinggal di Madinah selama 8 hari,” pungkasnya.

Sesuai jadwal, kloter pertama debarkasi Solo akan tiba pada 21 Oktober 2013 di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali. Mereka akan tiba pada pukul 04.25 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya