SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemberangkatan Haji (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pemberangkatan Haji (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pemberangkatan Haji (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Kuota jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten Wonogiri bertambah dua orang, dari sebelumnya 348 orang, kini menjadi 350 orang. Penambahan kuota tersebut ditentukan dari pemerintah pusat untuk mengganti para calhaj yang mengundurkan diri.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Safrudin, mengatakan tambahan kuota tersebut telah ditentukan dari pemerintah pusat, berdasarkan nomor porsinya.

“Ada sekitar 23.000 calhaj yang mengundurkan diri dari total seluruh Indonesia. Jumlah itu, kemudian diisi sesuai nomor porsi pada urutan selanjutnya dalam daftar tunggu,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Senin (16/9/2013). Sedangkan tambahan kuota terbanyak di Soloraya, lanjut dia, ada di Kabupaten Klaten sebanyak 11 orang.

Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Wonogiri, Ali Yatiman, mengatakan sebenarnya kuota tambahan di Kabupaten Wonogiri ada tiga orang. Namun, satu orang di antaranya mengundurkan diri karena berpisah dengan keluarganya yang ada di kloter sebelumnya.

“Tiga orang yang masuk dalam kuota tambahan berasal dari mereka yang terkena penundaan keberangkatan. Tapi, satu orang mengundurkan diri karena berpisah kloter dengan keluarganya dan akan berangkat pada 2014. Sedangkan kekosongan satu orang tersebut tidak bisa kami ganti karena itu sudah ketentuan dari pusat,” katanya saat dihubungi Senin.

Ia menambahkan sebanyak 350 orang tersebut akan terbagi menjadi tiga kloter yakni Kloter 63 sebanyak 16 orang, Kloter 64 sebanyak 332 orang dan Kloter 66 ada dua orang. Untuk Kloter 66, lanjut dia, akan bergabung dengan Kabupaten Karanganyar dan Kota Solo.

Terkait hasil tes kesehatan untuk calhaj dengan risiko tinggi, menurut Ali, tidak ada calhaj yang ditunda pemberangkatannya. Tapi, mereka akan mengikuti tes kesehatan ulang di Embarkasi Haji di Donohudan, Kabupaten Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya