SOLOPOS.COM - Ilustrasi Petugas Linmas (Dok/JIBI)

Linmas Solo akna dibekali dengan pit kebo untuk operasional.

Solopos.com, SOLO – Satpol PP Solo bakal mengusulkan pembelian sebanyak 75 unit sepeda atau pit kebo dalam APBD Perubahan 2015. Pit kebo itu diperuntukkan bagi petugas linmas di Kota Bengawan. 

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurut Kepala Satpol PP, Sutarjo, pengadaan sepeda onthel penting untuk menunjang kinerja linmas kota. Sutarjo mengatakan petugas linmas kota kurang leluasa berpatroli lantaran ketiadaan fasilitas penunjang.

Pantauan , Selasa (12/5/2015), personel linmas yang bertugas mengawasi persimpangan dan objek vital itu cenderung hanya berpatroli beberapa ratus meter dari lokasi.

Beberapa bahkan hanya berdiri di lokasi sambil mengobrol. “Setelah dibekali sepeda, harapannya mobilitas bisa lebih luas,” ujar Sutarjo saat ditemui di ruang kerjanya.

Sutarjo memilih pit kebo karena fasilitasnya cukup lengkap. Sepeda yang terkenal hingga medio 1970-an ini memiliki lampu sehingga dapat menunjang tugas malam hari.

Pit kebo juga mempunyai boncengan yang dapat multifungsi. “Boncengan bisa untuk menaruh tas yang berisi perlengkapan tugas,” kata dia.

Sementara itu, seorang warga Laweyan, Yoyok, 45, menyoroti rencana pembelian pit kebo. Dia menilai pengadaan sepeda belum mendesak untuk linmas kota. Yoyok justru menyoroti kinerja linmas yang lebih banyak berada di tempat ketimbang berpatroli.

“Patroli jalan kaki kan bisa. Terus kalau jaga di persimpangan, mestinya ya nyebar di empat titik simpang. Jangan malah ngumpul di satu tempat,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya