SOLOPOS.COM - Mobil melintas tol fungsional Solo-Jogja di gerbang tol Karanganom, Klaten, Senin (1/1/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Arah arus kendaraan di tol fungsional Solo-Jogja dibalik dari Gerbang Tol (GT) Karanganom di Desa Kuncen, Ceper, Klaten, ke GT Colomadu atau GT Banyudono untuk arus balik libur Nataru mulai Senin (1/1/2024).

GT Karanganom menjadi entrance atau pintu masuk yang bisa diakses dari jalan raya Solo-Jogja melalui Kuncen, Kecamatan Ceper. Sebelumnya tol fungsional Solo-Jogja dioperasikan satu arah dari GT Colomadu dan GT Banyudono ke arah GT Karanganom dengan titik keluar di exit tol Kuncen, Ceper Klaten, Jumat-Minggu (22-31/12/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mulai Senin (1/1/2024) sampai Rabu (3/1/2024),  arah arus kendaraan diberlakukan sebaliknya dari GT Karanganom mengarah ke GT Colomadu/GT Banyudono. Jam pengoperasian tol fungsional Solo-Jogja untuk arus balik libur Nataru tetap sama yakni pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pintu masuk Kuncen langsung ramai kendaraan dari arah jalan raya Solo-Jogja yang masuk tol fungsional. Mayoritas kendaraan dari arah Klaten atau Jogja.

Sejumlah papan informasi sudah dipasang di kedua ruas jalan raya Solo-Jogja menjelang entrance tol fungsional di Kuncen. Papan itu bertuliskan informasi jam beroperasi tol fungsional serta arah akses melalui jalur fungsional.

Beberapa pengendara sempat berhenti dan menanyakan ke petugas memastikan tol fungsional itu bisa dilalui untuk menuju ke arah Jakarta atau pun ke arah Jawa Timur melalui tol trans Jawa.

Beberapa pengendara harus putar balik kembali ke jalan raya Solo-Jogja lantaran menyangka bisa melaju ke Jogja melalui tol fungsional. Sementara itu, arus kendaraan di ruas jalan raya Solo-Jogja terpantau ramai lancar.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang melintas tol fungsional Solo-Jogja melalui GT Karanganom pada Senin setiap jamnya mencapai ratusan kendaraan. Pada pukul 06.00 WIB-07.00 WIB tercatat sebanyak 296 kendaraan, 07.00 WIB-08.00 WIB sebanyak 312 kendaraan.

Belum Terlalu Ramai

Kemudian pukul 08.00 WIB-09.00 WIB sebanyak 524 kendaraan. Total pada Senin pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB tercatat sebanyak 2.279 unit melintas tol fungsional menuju ke arah GT Colomadu via GT Karanganom.

Kepala Pos Pantau Polres Klaten di Kuncen Ceper, Iptu Suparjo, mengatakan kendaraan yang melintas tol fungsional Solo-Jogja hingga Senin siang relatif biasa. Dia membenarkan sebagian besar kendaraan yang masuk ke tol fungsional berasal dari arah Jogja atau Klaten.

“Sebagian kecil yang masuk dari arah Delanggu,” kata Suparjo saat ditemui Solopos.com di Pos Pantau. Diperkirakan, jumlah kendaraan yang masuk tol fungsional melalui GT Karanganom terus meningkat dari siang hingga sore.

Hal itu bersamaan dengan berakhirnya libur Nataru yang juga berakhirnya liburan sekolah. Sementara itu, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) melalui akun Instagramnya, @jasamargajogjasolo_official, menuliskan dalam rangka mendukung kelancaran periode libur Nataru 2024, PT JMJ bekerja sama dengan Dishub dan Polres di Jawa Tengah mengoperasikan jalur fungsional jalan tol Solo-Jogja.

Kini tibalah pada hari menjelang Arus Balik yang telah kami jadwalkan yaitu pada tanggal 1 Januari 2024, pukul 06.00 – 17.00 WIB dibuka Arus Balik satu arahdari Yogyakarta menuju Solo dan Semarang melalui Gerbang Tol Karanganom Menuju Gerbang Tol Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa) dan Gerbang Tol Banyudono (tujuan Boyolali, Kartasura),” tulis pengelola akun @jasamargajogjasolo_official.

Pelaksana Humas PT JMJ, Rachmat Jesiman Putra, menjelaskan rencananya jalur fungsional tol Solo-Jogja untuk arus balik dioperasikan mulai Senin (1/1/2024) hingga Rabu (3/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya