SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Tingginya harga bawang putih di pasaran akhir-akhir ini membuat sejumlah petani bawang putih di Tawangmagu masygul. Karena tanaman bawang mereka rata-rata baru berusia satu bulan.

“Sebenarnya di sentra bawang di empat desa di Tawangmangu ada 50 hektare. Tetapi tanaman itu belum bisa dipanen sebab baru berusia satu bulan,” ujar Camat Tawangmangu, Yopi Ekojati Wibowo ketika ditemui wartawan di sela-sela mengikuti acara pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Karanganyar di Hotel Lorin, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jumat (15/3/2013).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebelumnya sejumlah pengusaha warung makan skala kecil di Kecamatan Colomadu mengaku bingung menetapkan harga makanan yang mereka jual. Hal itu terjadi akibat mahalnya beberapa jenis bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, cabai dan sebagainya.

“Harga bawang putih mencapai Rp50.000 lebih per kilogram, padahal bumbu masakan saya banyak menggunakan bawang putih. Naiknya harga-harga bumbu dapur terutama bawang putih membuat pusing kepala,” papar salah seorang penjual tahu kupat, Musiyem, 41, ketika ditemui Solopos.com di warungnya, Paulan, Colomadu, Kamis (14/3/2013).

Lebih lanjut Yopi mengatakan di Kecamatan Tawangmangu terdapat empat desa yang menjadi sentra tanaman bawang merah dan bawang putih. Empat desa itu adalah Gondosuli, Kalisoro, Pancot dan Tengklik.

Berdasar panenan sebelumnya bawang putih Tawangmangu yang dinilai merupakan varietas baru ini berkualitas cukup bagus. Selain itu hasil panen yang diperoleh para petani beberapa waktu lalu dinilai memuaskan.

Dia mengatakan jika tanaman bawang putih para petani saat ini sudah bisa dipanen akan menguntungkan para petani bawang putih di wilayahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya