SOLOPOS.COM - Pedagang di Pasar Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar melayani pembeli, Rabu (7/12/2022). Harga sebagian kebutuhan sehari-hari kenaikan signifikan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Harga sebagian kebutuhan sehari-hari di Kabupaten Karanganyar mengalami kenaikan signifikan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Kenaikan harga tersebut sudah dirasakan pekan ini.

Diungkapkan pedagang di Pasar Jungke, Kecamatan Karanganyar, Sukarni, harga cabai rawit pada Rabu (7/12/2022) yang sebelumnya Rp28.000/kilogram (kg) sekarang Rp43.000/kg. Cabai putih yang sebelumnya Rp20.000/kg sekarang Rp23.000/kg, cabai lalap yang sebelumnya Rp25.000/kg sekarang Rp35.000/kg.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Sejak hari Senin (5/12/2022), hampir semua jenis kebutuhan pokok harganya naik. Ada yang naik Rp2.000/kg ada juga yang naik Rp10.000/kg,” ujarnya saat ditemui di kiosnya.

Kanaikan harga ini membuat warga mengurangi pembelian. Jika mereka biasanya membeli cabai 1 kg, sekarang membeli setengahnya saja. Pedagang lain di Pasar Jungke, Dwi Priyanto, membenarkan keterangan Sukarni. Dwi menyebut salah satu komoditas yang harganya naik signifikan adalah tomat.  Sebelumnya harga tomat Rp8.000/kg sekarang Rp20.000/kg.

“Tomat ini yang naiknya bisa 100 persen lebih. Enggak tahu kenapa bisa begitu,” ujarnya.

Baca Juga: Tak hanya Telur, Harga Cabai di Sragen Juga Ikut-Ikutan Naik

Sementara itu, Lurah Pasar Jungke, Sri Hartoyo, mengatakan kenaikan harga sejumlah barangan kebutuhan sehari-hari tersebut dimulai sejak pekan lalu. Namun untuk beberapa jenis barang, kenaikan terjadi sejak awal pekan ini.

“Iya, memang hampir semua bahan pokok mengalami kenaikan harga. Itu sudah sejak pekan lalu secara bertahap. Seperti telur yang biasanya Rp25.000/kg sekarang Rp30.000/kg. Tapi kalau kebutuhan yang hasil bumi seperti cabai dan sayuran naiknya baru sekitar tiga hari ini. Seperti beragam cabai harganya naik sampai separuh harga sebelumnya. Misalnya cabai rawit yang sebelumnya Rp35.000/kg Rp50.000/kg,” ujarnya.

Ia memperkirakan kenaikan harga disebabkan meningkatnya permintaan sementara hasil panen yang tidak begitu banyak. Namun untuk beberapa kebutuhan lain seperti daging sapi dan daging ayam harganya relatif stabil. Kenaikan harganya sekitar Rp1.000-Rp2.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya