SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

SRAGEN – Harga daging ayam di Kecamatan Sragen yang sempat naik jelang Natal lalu berangsur-angsur turun sejak Minggu (30/12/2012). Di Pasar Bunder, Selasa (1/1/2013), satu kilogram daging ayam dijual seharga Rp26.000. Sebelumnya, daging ayam di pasar tersebut dijual Rp28.000 per kilogramnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Salah seorang pedagang daging ayam yang ditemui Solopos.com, Nunuk, 50, mengatakan penurunan harga berlangsung bertahap. “Satu hari turun Rp1.000 per kilogram. Kemungkinan masih akan turun lagi sampai harganya stabil Rp21.000-22.000 per kilogram,” ujarnya.

Menurut dia, penurunan yang terjadi disebabkan pasokan daging ayam mulai stabil sementara jumlah pembeli tidak sebanyak saat menjelang Natal. Sejak Minggu lalu, lanjut dia, dalam sehari penjualan daging ayam sebanyak 70 kilogram-80 kilogram. Sementara dua pekan lalu, dirinya mampu menjual hingga satu kuintal daging ayam per hari.
Pedagang daging ayam lain, Wini, 50, berharap harga daging ayam bisa stabil kembali. Sebab, kata dia, jika harga stabil pembeli akan bertambah. “Sekitar sepekan lalu pembeli daging ayam berkurang karena harganya masih tinggi. Semoga beberapa hari ke depan pembelian mulai stabil kembali,” tuturnya.

Penurunan harga tidak terjadi pada daging sapi. Hingga Selasa siang, harga daging sapi super di Pasar Bunder, bertahan Rp70.000 per kilogram, sedangkan harga daging sapi jenis menengah Rp65.000 per kilogram. Tutik, 45, pedagang daging sapi di Pasar Bunder, belum bisa memperkirakan penurunan harga. Saat ini, terangnya, permintaan daging sapi didominasi oleh rumah makan dan penjual bakso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya