SOLOPOS.COM - Pengrajin tempe mengolah mlanding untuk diproses menjadi tempe mlanding di rumahnya, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Minggu (8/9/2013). Mlanding menjadi pilihan pengganti kedelai yang harganya mahal. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

 Pengrajin tempe mengolah mlanding untuk diproses menjadi tempe mlanding di rumahnya, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Minggu (8/9/2013). Mlanding menjadi pilihan pengganti kedelai yang harganya mahal. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)


Pengrajin tempe mengolah mlanding untuk diproses menjadi tempe mlanding di rumahnya, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Minggu (8/9/2013). Mlanding menjadi pilihan pengganti kedelai yang harganya mahal. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Pengrajin tempe di Wonogiri menyikapi kenaikan harga kedelai yang kini menembus Rp9.700 per kilogram (kg) dengan menaikkan harga jual, mengurangi produksi, dan menerapkan diversifikasi produk.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kini selain membuat tempe kedelai, sebagian dari mereka juga mengolah tempe mlanding dan tempe benguk. Pengrajin tempe Dusun Manggis, Desa Ngadirijo Kidul, Boniyem, mengatakan berjualan tempe mlanding bisa sedikit menutup kerugian akibat kenaikan harga kedelai yang luar biasa. Saat ini, dalam sehari dia biasa mengolah 6 kg mlanding, di samping mengolah 20 kg kedelai.

“Dulu sebelum harga naik saya biasanya produksi sampai 25 kg kedelai. Sekarang 20 kg saja. Agar tidak terlalu rugi saya juga membuat tempe mlanding. Untungnya bisa dua kali lipat daripada untung buat tempe kedelai. Karena ada pengganti walau sedikit, saya belum berpikir mau mogok,” ungkap Boniyem, saat ditemui wartawan, di rumahnya, Minggu (8/9/203).

Dia mengakui seperti kedelai, mlanding sebenarnya juga mengalami kenaikan harga . Sebagai gambaran mlanding yang dulu bisa dibeli dengan harga Rp3.000 per kg, kini menjadi Rp5.000 per kg. Bukan hanya naik harga, mlanding seperti biasa, sering susah dicari. Mlanding biasa dibeli dari bakul langganannya yang mendapat setoran dari Baturetno dan Tawangsari, Sukoharjo.

Namun, dia menegaskan dengan menjual tempe mlanding bersama tempe kedelai, usahanya tidak terlalu merugi. Tak hanya melakukan diversifikasi produk, Boniyem juga mengaku menaikkan harga sejak harga kedelai melambung. Jika dulu, uang Rp1.000 cukup untuk membeli 5-6 bungkus tempe, saat ini hanya dapat 4-5 bungkus.

Perhitungan harga yang sama juga diterapkannya untuk tempe mlanding. Boniyem berharap harga kedelai segera turun agar usahanya bisa berjalan normal. Menurut dia, gara-gara harga kedelai mahal, sebagian kecil pengrajin tempe di sekitar tempat tinggalnya pilih menghentikan usaha. Ada juga yang berkreasi seperti dirinya dengan menambah ragam produk, yakni dengan tempe mlanding dan benguk.

Kepala Desa (Kades) Ngadirojo Kidul, Kadimin, membenarkan sebagian pengrajin di desanya memilih menambah usaha dengan memproduksi tempe mlanding dan benguk, di samping mengurangi produksi tempe kedelai. Menurutnya, upaya itu setidaknya bisa membuat para pengrajin tempe yang jumlahnya mencapai belasan orang di desa itu, untuk bertahan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Jika Lolos ke Olimpiade, Indonesia akan Satu Grup dengan Argentina atau Prancis

Jika Lolos ke Olimpiade, Indonesia akan Satu Grup dengan Argentina atau Prancis
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Kamis, 2 Mei 2024 - 20:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Timnas U-23 berusaha mendapatkan tiket olimpiade secara langsung, saat menghadapi Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23, Kamis (2/5/2024). (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Indonesia akan satu grup dengan Argentina atau Prancis jika lolos ke Olimpiade Paris pada Juli 2024.

Tim senior Argentina dan Prancis saat ini menempati peringkat 1 dan 2 dunia.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Witan Sulaeman dkk. bergabung ke Grup B di Olimpiade Paris 2024 jika mampu mengalahkan Irak dalam perebutan juara ketiga Piala Asia U-23, Kamis (2/5/2024) malam ini pukul 22.30 WIB.

Data yang dikumpulkan Solopos.com, Kamis, di Grup B, Indonesia bakal menghadapi tiga tim raksasa yakni Argentina, Maroko dan Ukraina.

Koran Solopos

Rangking tiga negara tersebut di FIFA jauh di atas Indonesia.

Argentina berada di peringkat 1 dunia dengan total poin 1858. Maroko menempati posisi 13 dunia (1661,42) sedangkan Ukraina mempunyai 1568,86 dan di peringkat 22.

Jika meraih tiket Olimpiade Paris malam ini, Indonesia menjadi tim terlemah di Grup B dengan peringkat 134 (1102,7).

Tapi jika gagal menang atas Irak malam ini, Indonesia masih punya peluang terakhir berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Indonesia akan menghadapi wakil Afrika, Gueina di babak play off pada 9 Mei 2024 mendatang.

Jika lolos ke Olimpiade dari jalur play off, Indonesia akan bergabung ke Grup A.

Emagazine Solopos

Di sana sudah menunggu Prancis (tuan rumah), Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Sama dengan di grup sebelumnya, ketiga negara ini juga memiliki rangking yang jauh dari Indonesia.

Prancis di urutan 2 dunia (1840,59), Selandia Baru peringkat 104 (1197,68) sedangkan Amerika Serikat di posisi 11 FIFA (1681,13).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memompa semangat Skuad Garuda Muda jelang laga penentuan juara ketiga Piala Asia U-23 kontra Irak, Kamis (2/5/2024) malam ini pukul 22.30 WIB.

Erick Thohir meminta Witan Sulaeman dkk. untuk melupakan hasil buruk dari Uzbekistan U-23 pada laga semifinal, Senin (29/4/2024) lalu.

Ia juga meminta para pemain fokus pada permainan sendiri dan jangan terpancing dengan kepemimpinan wasit serta drama-drama dari tim lawan.

“Kita belum selesai, kita harus fight. Itulah kita, setuju?” tanya Erick Thohir di ruang ganti pemain, dalam video yang dibagikannya di akun Instagram @erickthohir, seperti dikutip Solopos.com, Kamis.

Interaktif Solopos

Pelatih Shin Tae-yong berharap laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 melawan Irak U-23 berlangsung fair sehingga bisa menjadi tontonan menarik.

Syaratnya, wasit harus memimpin dengan normal dan tidak merugikan salah satu tim, seperti yang terjadi saat Timnas Indonesia U-23 takluk dari Uzbekistan U-23 0-2 di semifinal.

Laga perebutan peringkat ketiga akan digelar, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB. Pertandingan ini akan kembali disiarkan langsung di RCTI dari Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

“Jika saya melihat lagi pertandingan semifinal, ada beberapa hal yang mengganggu pikiran saya, pemain sudah memberi 100 persen, keputusan wasit sangat berpengaruh. Jika AFC ingin berkembang dan perlu menghormati satu sama lain, AFC harus membantu itu,” ujar Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman AFC, Kamis (2/5/2024).

Shin Tae-yong mengaku telah menonton ulang laga anak asuhnya kontra Uzbekistan.

Ia menilai timnya sering dirugikan oleh keputusan wasit asal China, Shen Yinhao dan wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu-udom.

Khusus Sivakorn, wasit berusia 37 tahun itu juga bertugas saat Indonesia dikalahkan secara kontroversial oleh Qatar di laga perdana fase grup.



“Saya menonton ulang laga itu dan saya sudah punya pengalaman 40 tahun, saya ingin respek dari AFC dan semua tim. Melawan Irak tentu kedua tim akan melakukan yang terbaik, dan saya harap AFC bisa membuat ini menjadi laga yang bisa dihormati,” lanjut Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan tidak memiliki masalah apapun dengan wasit di Piala Asia U-23.

Ia menyoroti peran wasit untuk membuat pertandingan bisa dinikmati.

“Saya tidak punya masalah dengan AFC atau wasit, tapi saya ingin AFC berkembang, performa tim bisa berkembang itu sangat berguna. Saya ingin respek satu sama lain, wasit harus menghormati dan kami harus menghormati kami, ini akan jadi kultur yang bagus dan mencegah hal buruk bisa terjadi di lapangan,” ucapnya.

Disinggung mengenai kembali tampilnya Rafael Struick, pelatih asal Korea Selatan ini, mengatakan, hadirnya sang striker akan sangat penting bagi permainan Garuda Muda.

“Struick adalah pemain kunci bagi kami, dan ketika ia bisa bermain 100 persen, itu akan sangat bagus bagi kami,” tutupnya.

Indonesia mendapatkan keuntungan untuk memuluskan ambisi meraih tiket Olimpiade Paris 2024, dalam laga perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 kontra Irak, Kamis (2/5/2024) malam ini.

Jika Garuda Muda kehilangan kapten Rizky Ridho karena kartu merah, dua pemain inti Irak juga absen karena akumulasi kartu kuning.

Mereka adalah bek kanan Mustafa Saadoun dan bek tengah Zaid Tahseen. Keduanya merupakan pilar Irak dan selalu bermain sejak menit pertama mulai fase grup hingga saat kalah 0-2 dari Jepang di semifinal, Senin (29/4/2024) lalu.

“Irak harus menghadapi Indonesia tanpa duet Mustafa Saadoun dan Zaid Tahseen yang terkena larangan. Keduanya bermain setiap menit,” tulis laporan resmi AFC.

Absennya dua pilar di jantung pertahanan Irak itu menguntungkan Tim Garuda Muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

“Seven” Jungkook BTS Teratas di The Hottest Hits Outside the US

“Seven” Jungkook BTS Teratas di The Hottest Hits Outside the US
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Kamis, 2 Mei 2024 - 20:19 WIB
share
SOLOPOS.COM - Jungkook BTS. (Hybe Labels)

Solopos.com, JAKARTA – Lagu “Seven” dari Jungkook BTS menduduki peringkat teratas dalam daftar “The Hottest Hits Outside the US” yang dirilis oleh Billboard awal pekan ini. Capaian Seven bahkan melampaui hits seperti “Flowers” milik Miley Cyrus dan “Cruel Summer” milik Taylor Swift, yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga.

Dikutip Antara dari Yonhap, Kamis (2/5/2024), peringkat ini didasarkan pada kinerja tangga lagu global, termasuk streaming online dan penjualan digital dari lebih dari 200 negara, kecuali AS, mulai dari 8 April tahun lalu hingga 8 Maret tahun ini.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dirilis pada 14 Juli, lagu debut solo Jungkook menikmati popularitas global yang sangat besar, menduduki puncak tangga lagu utama Billboard Hot 100 selama 15 pekan berturut-turut.

Koran Solopos

Lagu tersebut juga menjadi lagu tercepat yang mencapai 1 miliar streaming di platform streaming musik global Spotify.

Sebelumnya, Jungkook BTS berhasil menjadi solois asal Korea Selatan pertama yang menghabiskan waktu tujuh pekan berturut-turut di tangga album resmi Inggris Official Charts untuk album solo debutnya Golden. Simak ulasannya di kabar artis Korea Selatan kali ini.

Soompi, Sabtu (23/12/2023) waktu Korea Selatan, melaporkan Official Charts (secara luas dianggap sebagai tangga album di Inggris yang setara dengan tangga lagu Billboard Amerika Serikat) mengumumkan bahwa album debut solo Jungkook tersebut saat ini berada di pekan ketujuh secara berturut-turut di tangga album tersebut.

Emagazine Solopos

 

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Viral! Rem Blong, Motor Nyangkut di Antena Parabola Rumah Warga Bandungan

Viral! Rem Blong, Motor Nyangkut di Antena Parabola Rumah Warga Bandungan
author
Imam Yuda Saputra Kamis, 2 Mei 2024 - 20:14 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar motor nyangkut di antena parabola milik warga Bandungan. (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN – Diduga karena rem blong sebuah motor mengalami kecelakaan hingga tersangku pada sebuah antena parabola milik warga di Dusun Ngipik, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (1/5/2024). Kejadian itu terekam kamera warga dan menjadi perbincangan netizen di media social (medsos) setelah dibagikan oleh akun Instagram Ambarawaterkini.

Warga Dusun Ngipik, Supawit, mengatakan peristiwa sepeda motor menyangkut pada antena parabola milik warga terjadi pada Rabu (1/5/2023) sekitar pukul 16.30 WIB. Akibat kejadian itu, dua orang pengendara motor Yamaha X Ride mengalami luka-luka. Kecelakaan itu berawal ketika pengendara tersebut melaju dari arah Candi Gedong Songo seusai berwisata.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Karena jalannya yang menurun panjang dan tajam. Jadi bisa membuat rem blong. Korbannya dua orang belum tahu orang mana, karena langsung di bawa ke rumah sakit,” kata Supawit, Kamis (2/5/2024).

Sebelum menyangsang di antena parabola itu, kata Supawit, sepeda motor sempat menabrak tiang jemuran warga dan merusak asbes dan genting milik warga bernama Jupri dan Susanto.

Koran Solopos

“Untung itu ada jemuran, mereka tertahan tali jemuran dan selimut yang dijemur. Kalau tidak ada selimut pasti terbang lebih jauh, pas jatuh itu, selimutnya juga masih ada di tubuh kedua perempuan tersebut,” ungkapnya.

Sementara pengendara sepeda motor mengalami luka pada bagian kaki dan punggung. Kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan perawatan.

“Pengendara namanya Elsa Maharani luka di bagian kaki dan punggung langsung dapat perawatan, untuk pembonceng tidak terlalu parah,” beber Supawit.

Emagazine Solopos

Supawit menyebut, peristiwa rem blong di Dusun Ngipik, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, sering terjadi. Namun, peristiwa sepeda motor mengalami rem blong hingga menyangkut di antena parabola ini paling parah.

“Sering terjadi rem blong tapi kali ini yang terparah, sampai di atas genteng warga,” katanya.

Sebagai warga lokal Supawit meminta agar wisatawan yang berkunjung di Candi Gedong Songo lebih berhati-hati ketika hendak turun. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories