SOLOPOS.COM - Pengunjung melintas di halaman Pasar Kartasura, Senin (12/12/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satunya cabai rawit yang meroket tajam.

Warga Kartasura, Sukoharjo, Mukhainah mengatakan harga bahan pokok di Pasar Kartasura mulai merangkak naik sejak beberapa hari lalu hingga sepekan terakhir. Harga cabai rawit merah kini naik hingga belasan ribu per kilogram.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Sekarang yang lagi mahal telur, minyak, cabai rawit merah itu. Harga cabai biasanya Rp30.000an/kilogram sekarang di pasar ini sampai Rp42.000/kilogram. Kalau telur sudah sampai Rp30.000 per kilogram padahal harga telur yang biasanya hanya mencapai Rp24.000/kilogram,” terang Mukhainah yang dijumpai Solopos.com di Pasar Kartasura, Senin (12/12/2022).

Sementara harga minyak goreng curah Rp14.000/kilogram naik harga menjadi Rp16.000/kilogram. Harga gula pasir juga turut melambung dari Rp13.000/kilogram kini mencapai Rp14.500/kilogram.

Baca juga: Kabar Baik, Libur Nataru Wisatawan Boleh Naik ke Candi Borobudur

Harga ayam yang biasanya Rp30.000/kilogram kini naik jadi Rp35.000/kilogram. Sementara itu harga sayur hijau menurutnya masih relatif sama.

Terpisah, pedagang Pasar Kartasura, Sukoharjo, Sumirah, mengakui harga sembako mulai merangkak naik. Menurutnya hal itu terjadi selain karena menjelang Nataru juga disebabkan banyaknya hajatan sehingga permintaan pasar cukup tinggi. Dia justru menampik jika kenaikan harga terjadi karena cuaca atau musim.

“Lagi okeh sing nduwe gawe [banyak yang punya hajatan] jadi apa-apa mahal. Tapi alhamdulilah masih rame pasarnya walaupun harga naik. Mungkin juga karena banyak yang butuh, usum nduwe gawe. Karena dekat natal dan tahun baru juga,” ujar Sumirah saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Sumirah menyebut harga beras saat ini rata-rata mencapai Rp12.500/kilogram. Sementara harga daging ayam mencapai Rp35.800. Harga daging sapi rata-rata dibandrol dengan harga Rp133.800/kilogram.

Baca juga:  Alhamdulillah, Harga Cabai Rawit Merah di Sukoharjo Turun Rp75.000/kg

Sementara bawang merah Rp38.000/kilogram yang sebelumnya hanya mencapai Rp28.000. Cabai merah besar stabil di harga Rp39.000/kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya