SOLOPOS.COM - Tengkleng rica Pak Manto. (Instagram/@jajanbarengan)

Solopos.com, SOLO — Tengkleng rica di Warung Sate Kambing Pak Manto menjadi makanan khas Solo, Jawa Tengah, favorit Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Kira-kira berapa sih harganya?

Seperti diketahui, Warung Sate Kambing Pak Manto yang berada di Jl Honggowongso No 36, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah ini menyajikan aneka menu olahan kambing. Mulai dari sate kambing, sate buntel, tengkleng, tengkleng rica-rica, gule, hingga tongseng bisa Anda temukan di sini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Tengkleng rica yang menjadi favorit Gibran merupakan olahan tulang kambing muda yang disajikan dengan bumbu rica-rica kental dan pedas. Hal ini berbeda dengan tengkleng biasa yang penyajian dengan kuah berwarna kuning. Berdasarkan ulasan yang ada di Google, tengkleng rica Pak Manto ini dihargai Rp65.000 per porsi.

Dengan harga Rp65.000, tengkleng rica Pak Manto dimasak dengan warna lebih gelap dengan menggunakan santan dan lebih banyak kecap di dalamnya. Tak lupa ditambahkan cabai dan merica yang cukup banyak sehingga membuat olahan tengkleng rica ini terasa pedas dan memberi sensasi hangat dalam tubuh.

Baca Juga: Lezatnya Tengkleng Rica Pak Manto, Makanan Khas Solo Favorit Gibran

Bahan utamanya tengkleng rica ini adalah tulang kambing muda, tanpa menggunakan bagian kepala kambing. Tulang yang digunakan yang di dalamnya masih mengandung banyak sumsum, atau istilahnya tulang pipa. Sensai pedas dengan menghisap sumsum tulang membuat makanan khas Solo favorit Gibran ini patut dicoba.

Sebagai informasi, Warung Sate Kambing Pak Manto merupakan salah satu kuliner legendaris yang ada di Solo. Tempat makan ini sudah ada sejak 1990.

Baca Juga: Hukum Tidak Sanggup Membayar Utang dalam Ajaran Islam

Awalnya, pemilik warung makan, Sumanto, hanya berjualan sate kambing, gule, tongseng, dan tengkleng. Pada 1995, dia mencoba berinovasi menciptakan resep tengkleng rica. Siapa sangka, masakan tersebut justru sangat dinikmati dan membuat pelanggannya bertambah banyak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya