SOLOPOS.COM - Petugas mengecek kondisi loko kereta uap Jaladara di kompleks Stasiun Purwosari, Solo, Kamis (28/4/2022).(Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kereta uap atau sepur kluthuk wisata Jaladara akan melayani open trip spesial akhir tahun di Kota Solo, Sabtu (31/12/2022) pukul 13.30 WIB. Tiket dijual eceran dengan harga Rp195.000 per orang.

Marketing Executive Sinergi Event, Nirmala Asnaliza, selaku penyelenggara open trip sepur kluthuk Jaladara menjelaskan kursi yang tersedia sangat terbatas. Hanya 60 kursi dan menjadi rebutan karena antusiasme untuk berwisata naik kereta yang ditarik menggunakan lokomotif uap buatan Jerman pada 1921 ini sangat tinggi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kuotanya 50-60 penumpang, tapi sekarang hanya tinggal 20 pax saja yang tersisa. Antusiasme warga menaiki kereta uap Jaladara memang cukup tinggi, kuotanya juga terbatas untuk naik kereta ini, jadi siapa cepat dia dapat sistemnya,” ujar Nirmala saat dihubungi Solopos.com, Senin (26/12/2022).

Rute perjalanan open trip sepur kluthuk Jaladara Solo dimulai dari Stasiun Purwosari melewati rel bengkong kemudian menuju Loji Gandrung. Dari Loji Gandrung, perjalanan dilanjutkan ke Museum Radya Pustaka.

Lalu Kampung Batik Kauman, titik nol km Gladag, Stasiun Kota (Sangkrah), kembali ke Loji Gandrung dan finis di Stasiun Purwosari. Reservasinya juga tidak sulit, cukup menghubungi narahubung dari Sinergi Event dan kemudian mengisi form yang sudah disediakan.

Baca Juga: Jalan-Jalan Naik Sepur Jaladara Solo yuk! Ada Open Trip Spesial Akhir Tahun lho

“Pendaftaran nanti tinggal scan QR di selebaran kami, atau bisa juga dengan menghubungi kontak yang tertera,” ujar Nrimala. Karena banyaknya peminat, Nirmala mengatakan tidak menutup kemungkinan akan menambah kuota open trip kereta uap Jaladara spesial akhir tahun ini.

Penambahan Kuota

“Kalau memang peminatnya bertambah, bukan tidak mungkin ada penambahan kuota. Tetapi tetap akan kami batasi karena memang ada keterbatasan dari jumlah seat di kereta uap Jaladaranya,” tegasnya.

Fasilitas yang didapatkan bagi para penumpang nantinya juga cukup lengkap, mulai dari pemandu, suvenir hingga piagam. Menurut Nirmala, hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk mengikuti open trip menggunakan kereta uap Jaladara.

Baca Juga: Viral KA Uap Jaladara Terobos Banjir di Solo, Ini Videonya

“Dengan tarif yang kami patok, nanti mendapatkan beragam fasilitas mulai dari pemandu, suvenir, snack, voucer belanja sampai nanti ada piagam,” tambahnya.

Menurut Nirmala, waktu open trip yang bertepatan dengan musim liburan sekolah membuat peminat kegiatan ini cukup banyak. Pendaftarnya juga beragam dari dalam Kota Solo maupun luar Kota Solo. “Paling jauh sejauh ini dari Jakarta,” tambahnya.

Kegiatan open trip menggunakan kereta uap Jaladara di Solo ini adalah kali kedua pascapandemi. Sebelum pandemi, kegiatan ini bisa diadakan hingga lima kali dalam satu tahun.

Baca Juga: 2 Bus Tingkat dan Sepur Jaladara Disiapkan untuk City Tour G20 di Solo

“Sebenarnya acara open trip ini sudah sering kami lakukan tepatnya sejak tahun 2010, biasanya kami adakan sekitar lima kali dalam setahun. Tapi pas pandemi tentu kegiatan ini berhenti dan open trip dengan kereta uap Jaladara ini sudah kedua kali kami gelar setelah pandemi Covid-19,” terang Nirmala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya