SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Solopos.com) – Sebanyak 10.334 siswa sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sukoharjo akan menerima hasil Ujian Nasional (UN), Senin (20/6) besok. Dewan guru diberi waktu sampai Minggu (19/6) ini untuk menggelar rapat guna menentukan kelulusan siswa.

“Paling lambat hari ini dewan guru masing-masing sekolah menggelar rapat karena standar kelulusan siswa ditentukan oleh masing-masing sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sukoharjo, Djoko Raino Sigit, saat dihubungi Espos, Minggu siang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia menjelaskan pengumuman nilai dan kelulusan dilakukan secara serentak, yakni mulai pukul 10.00 WIB. Dia mengakui ada kegelisahan di kalangan orangtua dan siswa saat pengumuman hasil UN yang dijadwalkan Sabtu (18/6), diundur. Namun, dia mengatakan tak ada masalah di Sukoharjo mengenai hal itu. “Permasalahannya ada di provinsi. Ada kabupaten kota yang lembar kerja jawabannya tak bisa terdeteksi, sehingga mundur dan otomatis nilainya tak bisa diketahui. Entah kabupaten mana tapi bukan Sukoharjo,” imbuhnya.

Semestinya, lanjut dia, nilai UN dapat diambil oleh seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten ke provinsi pada Rabu (15/6). Lantaran permasalahan tadi, dia mengaku nilai UN siswa setingkat SD di Sukoharjo baru bisa diambil pada Kamis (16/6) sore. “Sebenarnya kami siap-siap saja jika harus mengumumkan Sabtu lalu. Tapi pengumuman hasil UN harus serentak dan syaratnya dibagikan dua hari setelah pengambilan hasil,” jelasnya.

Djoko menjelaskan tak ada perubahan teknis setelah adanya pengunduran jadwal itu. Walaupun tak memberi keterangan mengenai hasil UN itu, Djoko menegaskan nilai UN telah dikirim ke tiap sekolah sejak Sabtu. “Soal hasilnya, besok saja. Nilai sudah ada di sekolah masing-masing,” urainya.

ovi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya