SOLOPOS.COM - Sejumlah anak bermain payung pada Festival Payung Indonesia X di Balai Kota, Solo, Selasa (5/9/2023). Festival yang berlangsung 8 September 2023 hingga 10 September 2023 tersebut menampilkan ratusan payung dari berbagai daerah serta pertunjukan seni sebagai hiburan masyarakat. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO—Pembukaan Festival Payung Indonesia (Fespin) ke-10 bakal dilaksanakan di Plaza Balai Kota Solo, Jumat (8/9/2023). 

Festival yang mengambil tema “Sepayung Bumi, Alam adalah Kita” itu bakal berlangsung tiga hari, Jumat-Minggu (8-10/9/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pembukaan ini bakal dihadiri oleh perwakilan Kemenparekraf, pengrajin payung tradisi, sampai para seniman dari penjuru Indonesia.  Selain pameran payung tradisi, turut ditampilkan juga gelaran seni berupa tari yang berpusat di panggung Plaza Balai Kota Solo.

Sebelumnya, Direktur Fespin, Heru Mataya menyebut telah membuka ruang bagi seniman-seniman seantero Indonesia untuk menampilkan karya. Bahkan ada 65 grup seni pertunjukan, 8 grup fashion show, dan 33 kelompok UMKM/Komunitas Kreatif terkonfirmasi turut serta berpartisipasi.

“Mereka sukarela datang kemari hanya untuk mensukseskan acara ini. Mereka cari hotel sendiri, cari akomodasi sendiri,” lanjut dia, belum lama ini.

Heru mengatakan festival kali ini bakal memfasilitasi anak-anak disabilitas untuk unjuk gigi. Ada beberapa grup seni seperti Pusat Olah Seni Budaya Mulyo Joyo Enterprise (Surabaya) menampilkan penari-penari disabilitas.

Lalu Esaje Sikop dan Kreasi Tuli Indonesia by Akeyla Naraya (Kabupaten Karawang) menampilkan para model disabilitas, serta Studio Koepokoe (Bantul) menampilkan karya senì rupa anak-anak autis.

Selain itu juga terdapat dua remaja putri disabilitas rungu yang bekerja sebagai pembuat payung tradisi di Home Industri Payung Lukis Ngudi Rahayu, Juwiring, Klaten.

Jadwal Fespin 2023, Jumat (8/9/2023):

15.30-16.00 WIB

Parade Payung Nusantara, Rute: Pasar Gede – Balai Kota

16.00-17.30 WIB

Pembukaan seremonial Fespin 2023

Tari Satria Wanara

Tari Natya Prana

18.30-19.00 WIB

Perform musik Tumbuhkanlah (Gurp Berbunyi)

19.00-23.00 WIB

Tari Ba’aia

Lintas 3 Generasi- Ritus Panji, Patih dan Klana

Tari Sorak-Sorak

Tari Aka Linduang

Tari Payung Kirana

Tari Supu Serule



Tari Harmoni Sriwijaya

Tari Kontemplasi

Tari Dagho Besolek

Tari Lengger Sintren

Tempat perform: Panggung Plaza Balai Kota Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya