SOLOPOS.COM - Ilustrasi breaking news Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Pada Kamis (3/2/2022), muncul 12 kasus baru Covid-19 di Kabupaten Sragen. Kasus baru itu berasal dari Kecamatan Masaran, Sragen Kota, Plupuh, Sidoharjo, Tanon, dan Ngrampal. Dengan penambahan kasus baru tersebut maka jumlah kasus Covid-19 di Sragen mencapai 28 kasus.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, Hargiyanto, saat dihubungi Solopos.com. Peningkatan kasus tersebut meningkat dua kali lipat bila dibandingkan jumlah kasus baru pada Rabu (2/2/2022) yang sebanyak lima kasus.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hargiyanto menerangkan jumlah total kasus pada Rabu lalu sebanyak 24 kasus. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya sembuh dan pulang dari tempat isolasi terpusat (isoter) Technopark Sragen. Sehingga tersisa 16 kasus.

“Dengan penambahan 12 kasus baru itu maka jumlah kasus di Sragen hingga Kamis pukul 16.00 WIB menjadi 28 kasus. Kasus itu terdiri atas tujuh orang dirawat di RS dan 21 orang menjalani isolasi mandiri, baik di rumah maupun di lokasi isoter Technopark Sragen,” jelas Hargiyanto.

Baca Juga: Penambahan Kasus Covid-19 di Sragen Tak Pengaruhi PTM 100 Persen

Penemuan 12 kasus baru itu diketahui saat Dinkes melakukan tracing terhadap 109 orang. Sebanyak 32 orang di antaranya dites swab PCR dan 77 orang siswa dites antigen. Dari 109 orang yang dites ditemukan 12 kasus baru tersebut.

“Sekarang isoter Technopark terisi sembilan orang dari kapasitas 400 tempat tidur. Sedangkan yang menjalani isolasi mandiri di rumah sebanyak 12 orang. Tempat tidur ICU di rumah sakit terisi satu orang dari kapasitas 15 tempat tidur dan tempat tidur isolasi RS terisi 14 orang atau 8,05% dari kapasitas 174 tempat tidur,” ujarnya.

Hargiyanto menyampaikan klaster keluarga juga muncul di Sambirejo setelah muncul kali pertama di Gemolong beberapa waktu lalu. Tracing di Sambirejo menyasar 75 orang. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tracing di Gemolong yang menyasar 109 orang. Hargiyanto belum mengetahui riwayat yang ada di Sambirejo.

Baca Juga: Cegah Ledakan Covid-19, Satgas Desa-Kecamatan di Sragen Digalakkan Lagi

Sementara itu untuk capaian vaksinasi di Sragen sudah menyasar 1.381.197 orang untuk dosis pertama, kedua, dan ketiga. Capaian vaksinasi dosis pertama menyasar 704.705 orang, dosis kedua menyasar 657.248 orang, dan dosis ketiga baru 19.164 orang.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sragen, Sri Subekti, mengatakan ada lima pasien Covid-19 yang dirawat di RS berdasarkan catatan pada Rabu lalu. Ri RS PKU Muhammadiyah Masaran sebanyak tiga orang, di RSUD Ngipang satu orang, dan RSUD dr. Moewardi Solo satu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya