SOLOPOS.COM - Logo Hari Jadi ke-219 Klaten. (Istimewa/klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN — Peringatan Hari Jadi ke-219 Klaten bakal dimeriahkan beragam kegiatan di antaranya festival dan karnaval. Peringatan hari jadi tahun ini mengusung tema Saiyeg Saeka Praya.

Tema berbahasa Jawa itu bermakna semangat gotong rotong, bahu-membahu dengan tekad yang kuat menuju tujuan yang sama.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ini menjadi moto dari para sesepuh,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Klaten, Jaka Purwanto, Kamis (20/7/2023).

Jaka menjelaskan untuk membangun suatu wilayah tak bisa dilakukan sendiri-sendiri.

“Membangun Klaten itu bebarengan. Mulai dari membangun desa itu bebarengan, membangun kabupaten juga bebarengan,” kata Jaka.

Sementara itu, mengutip dari laman klatenkab.go.id, peringatan Hari Jadi tahun ini menggunakan logo khusus seperti tahun-tahun sebelumnya. Logo terbagi menjadi tiga bagian, yakni bentuk gunungan wayang pada bagian atas.

Bagian tengah merupakan angka 219 sedangkan di sisi paling bawah merupakan cempurit wayang dan ornamen lengkung.

Bentuk gunungan wayang mempresentasikan Klaten sebagai kabupaten yang kaya akan peninggalan budaya Jawa. Selain itu, juga banyak kesenian serta seniman budaya yang berasal dari Kabupaten Klaten.

Angka 219 melambangkan usia Kabupaten Klaten yang telah berdiri sejak 28 Juli 1804. Bagian terakhir adalah cempurit wayang dan ornamen lengkung. Cempurit wayang adalah bagian dari wayang kulit yang berfungsi untuk menancapkan wayang supaya wayang berdiri kokoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya