SOLOPOS.COM - Jajaran pimpinan DPRD Karanganyar melakukan silaturahmi ke para mantan pimpinan Dewan pada Senin (16/1/2023). (Istimewa/DPRD Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — DPRD Karanganyar akan memperingati hari jadi ke-72 pada Selasa (24/1/2023). Mengusung tema Genggam Tangan Persatuan Mantapkan Karanganyar, DPRD Karanganyar ingin menekankan penerapan sila-sila di dalam Pancasila.

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mengatakan Pancasila harus menjadi pedoman kegiatan keseharian anggota legislatif. Menurutnya ini penting memasuki tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. “Meski dalam perbedaan tetap kita jaga persatuan dengan mengedepankan kebinekaan,” kata Bagus ketika dijumpai Solopos.com di Gondangrejo, Senin (23/1/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menapaki usia yang ke-72, DPRD Karanganyar akan memfokuskan program kerja mereka untuk penanganan inflasi, stunting, hingga kemiskinan ekstrem dalam setahun ke depan. Perlu adanya sinergisitas dengan Pemkab Karanganyar untuk melakukannya.

Bagus memaparkan resesi global menjadi ancaman yang dapat berdampak pada ekonomi Indonesia. Sehingga diperlukan langkah serius mengantisipasi kemungkinan resesi tersebut. Saat ini saja harga komoditas pangan mulai merangkak naik, salah satunya beras.

“Dampak BBM naik juga sudah mulai dirasakan. Perlu kehati-hatian dan waspada. Peningkatan ketahanan pangan keluarga menjadi penting,” kata Bagus.

Selain tiga persoalan tadi, DPRD juga akan menggenjot sektor pariwisata di Karanganyar. Kabupaten Karanganyar menjadi rujukan wisatawan dari berbagai daerah. Tempat-tempat wisata tumbuh pesat namun tanpa perencanaan matang. Minimnya promosi juga dinilai sebagai persoalan yang perlu mendapat perhatian serius dari pihak terkait.

“Kami akan dorong itu [promosi wisata dan perencanaan],” kata politikus PDIP itu.

Bagus mendukung program kerja Bupati Karanganyar di sektor infrastruktur. Menjelang masa akhir jabatannya, Bupati memfokuskan pembangunan infrastruktur gedung perkantoran dan jalan.

Di hari jadi tahun ini, Bagus mengajak seluruh anggota DPRD bersama-sama tetap menjaga kekompakan dan kondusivitas memasuki tahun politik.

Sementara itu ada beberapa rangkaian kegiatan hari jadi yang sudah dilakukan seperti ziarah ke Astana Mangadeg dan anjangsana ke para mantan pimpinan DPRD. Puncak hari jadi akan digelar dalam sidang paripurna di DPRD pada Selasa (24/1/2023).

“Kami juga menggelar beragam perlombaan memperebutkan Piala DPRD. Aneka lomba kerjasama dengan KONI,” kata Sekretaris DPRD (Sekwan) Karanganyar, Mulyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya