SOLOPOS.COM - Content Manager Solopos Media Grup (SMG), Damar Sri Prakoso, saat berdialog dengan peserta workshop jurnalistik di halaman kantor Disarpus Karanganyar pada Rabu (6/9/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Puluhan pelajar dan mahasiswa antusias mengikuti workshop jurnalistik yang digelar di halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar pada Rabu (6/9/2023).

Workshop jurnalistik merupakan rangkaian kegiatan di hari kedua Festival Literasi 2023 bertajuk Merdeka Berliterasi Merdeka Berkreasi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kegiatan tersebut diawali dengan penampilan karya seni dari siswa MI Muhammadiyah Karanganyar dan siswa SMP Darul Arqam. Kemudian ada pembacaan puisi tiga bahasa (Arab, Jawa, Indonesia) oleh siswa SMP IT MTA Karanganyar, serta tari siswa SMK Penda Dance dan SMK 1 Karanganyar.

Kemudian dilanjutkan diskusi pendidikan kontekstual bersama Sekolah Kita dengan menghadirkan narasumber Ian Hasan, Dwi Prakoso Wijayanto. Ada pula talkshow penulis cilik Karanganyar dan workshop jurnalistik dengan narasumber Damar Sri Prakoso, Content Manager Solopos Media Grup (SMG).

Selain itu, digelar pula talkshow kesehatan bersama ILMI Motivasi Muda Menulis serta launching buku ‘Seni Menjalani Hidup Anti Ribet’. Acara hari ini  ditutup dengan talkshow wirausaha bertema Memulai Bisnis Kuliner dari Nol menghadirkan narasumber Dwi Agustina yang merupakan owner Lesehan Mbak Dwi Batas Kota Karanganyar.

Antusiasme peserta mengikuti kegiatan tersebut cukup tinggi. Seperti terlihat dalam workshop jurnalistik, peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga guru tampak serius mendengarkan materi yang dikemas dengan santai tersebut.

Content Manager Solopos Media Group (SMG), Damar Sri Prakoso, menghidupkan suasana lebih cair dengan mengajak peserta mengenal lebih dalam tentang jurnalistik. Dari mulai menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Para peserta tampak semangat dan tertarik menekuni dunia jurnalis.

Salah satu peserta, Muhammad Sultan Akbar, begitu semangat mendengarkan penjelasan Damar. Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar mengaku senang dan tertarik terjun menjadi wartawan siswa.

“Saya sangat tertarik dengan jurnalistik. Dari workshop ini bisa tahu banyak tentang jurnalistik,” katanya.

Kepala Disarpus Karanganyar Nurhayati mengatakan ada beberapa kegiatan Festival Literasi pada hari ketiga, Kamis (7/9/2023) besok. Di antaranya penampilan siswa TK Al Abidin Karanganyar, hafalan Al-Qur’an & hadis oleh siswa TK Al Abidin Karanganyar, dan tilawah An Naba 1-40 siswa SD Al Abidin Karanganyar.

Lalu ada Singing & Dance Banana Chacha oleh siswa SD Al Abidin, English drama & puisi siswa SMP Al Abidin Karanganyar, Musik & Puisi siswa MAN 1 Karanganyar Tari siswa SLB Negeri Karanganyar.

Tak cukup sampai di siu, masih ada pantomim siswa SD Aisyah Surya Ceria Karanganyar dan bedah buku Kumcer “Pelajaran Membaca”. Lalu ada workshop menulis cerpen, talkshow wirausaha: Brownies Cinta, Eksis dari Karanganyar untuk Indonesia.

“Festival Literasi akan digelar sampai Jumat (9/9/2023),” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya