SOLOPOS.COM - Suasana kawasan Soko Alas Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Selasa (20/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Soko Alas, objek wisata anyar di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo mulai dibuka. Meski baru soft opening, objek wisata di tepi jalan raya Delanggu-Polanharjo itu langsung dibanjiri pengunjung.

Soko Alas mulai dibuka, Selasa (20/12/2022). Untuk sementara, harga tiket masuk ke objek wisata anyar itu masih gratis. Harga tiket gratis itu berlaku hingga 30 Desember 2022.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pada hari pertama pembukaan, objek wisata itu langsung diserbu pengunjung. Warga dari berbagai daerah berdatangan lantaran penasaran dengan wisata anyar di Ponggok yang menawarkan tempat dengan arsitektur yang aesthetic dengan spot-spot instagramable itu.

Di bagian depan kawasan tersebut, pengunjung disambut gapura besar yang terbuat dari potongan-potongan kayu. Pengunjung kemudian disambut panggung dengan panorama danau serta spot lainnya di kawasan objek wisata yang berbatasan dengan jalan raya dan area persawahan di Ponggok.

Pada bagian tengah kawasan ada bola besar yang terbuat dari potongan-potongan ranting pohon. Di sebelahnya terdapat waduk seluas 5.000 meter persegi.

Baca Juga: Info Anyar Lur! Soko Alas Ponggok Klaten Dibuka Besok, Tiket Masuk Gratis

Pada tepian waduk itu terdapat kursi dengan beberapa payung jerami. Suasananya seperti berada di tepi pantai di Bali atau Thailand.

Masuk lebih dalam ke kawasan itu, ada dua kolam renang dengan kedalaman 50 sentimeter dan 140 sentimeter. Di tepian kolam renang ada sejumlah kursi malas dilengkapi peneduh dan terbuat dari anyaman bambu.

Kawasan itu dilengkapi aneka pepohonan mulai dari pohon pandan laut di sekitar embung, pohon pule, pohon tabebuya, pohon kamboja, hingga pohon buah maja. Selain itu, kawasan tersebut dihiasi patung hewan berbahan potongan kayu.

Selain spot bersantai dan kolam renang, ada kafe hingga resto di tempat itu. Tempat menyantap sajiannya pun dibikin aesthetic salah satunya dilengkapi tirai berbahan potongan kayu.

Baca Juga: Selain Gratis Masuk, Soko Alas Ponggok Klaten juga Tawarkan Diskon Aneka Menu

Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono, mengatakan Soko Alas merupakan objek wisata baru di Ponggok dengan pengelolaan dari pihak ketiga bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri Ponggok.

“Pengelolaan ini dilakukan pihak ketiga berkolaborasi dengan BUMDes. Sekarang ini kuncinya itu kolaborasi untuk mengembangkan potensi desa,” kata Junaedi saat ditemui di Soko Alas, Selasa.

Sesuai namanya, Soko Alas menampilkan spot-spot yang dibikin dari limbah kayu hutan. Alhasil, mebeler yang dihadirkan di kawasan itu memanfaatkan limbah kayu.

“Konsepnya Soko Alas barang di sini, mebeler di sini merupakan barang bekas limbah seperti ranting dan kayu yang bisa dimanfaatkan untuk wisata,” kata dia.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Hits di Klaten

Junaedi mengatakan saat ini pembukaan Soko Alas masih bersifat soft opening dengan tiket masuk masih digratiskan. Rencananya, tarif tiket masuk ke tempat itu Rp10.000 per orang.

“Ini masih persiapan. Saat ini baru cek ombak dulu sambil mengevaluasi pengelolaan ke depan,” kata dia.

Soko Alas buka dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. Junaedi mengatakan suasana kawasan itu kian indah ketika memasuki sore hingga malam.

Saat sore, pengunjung bisa menikmati sunset dan suasana malam dibikin gemerlap oleh lampu di kawasan tersebut.

Baca Juga: Fasilitas Kian Komplet, Bukit Sidoguro Klaten bakal di-Launching Akhir Tahun

“Soko Alas itu menariknya kalau datang saat sore di atas pukul 15.00 WIB. Apalagi saat malam. Kami datangkan lampu-lampu impor yang akan menjadikan kawasan lebih indah saat malam,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya