SOLOPOS.COM - Kampanye terbuka Amin di Solo tidak dilakukan pada Minggu (21/1/2024). (Dok)

Solopos.com, SOLO—Hari pertama kampanye rapat umum di Kota Solo, Minggu (21/1/2024), menjadi jatah dari pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin). Mereka tidak menggelar kampanye rapat umum.

Dari tujuh lapangan yang telah disiapkan KPU Solo untuk kampanye rapat umum, tak satu pun digunakan oleh tim pasangan yang diusung Koalisi Perubahan itu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Hari pertama ini Partai Nasdem secara nasional melakukan apel digital kampanye. Kami memakai momentum hari pertama dengan zoom nasional yang dipimpin langsung oleh Pak Surya Paloh. Belum kampanye rapat umum,” ujar Sekretaris DPD Partai Nasdem Solo, Pata Hindra Aryanto, kepada Solopos.com, Minggu (21/1/2024).

Pata menjelaskan kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat justru akan dilakukan pada Senin-Selasa (22-23/1/2024). Pada dua hari itu istri Anies Baswedan, yaitu Fery Farhati Ganis, dijadwalkan berkeliling di area Soloraya.

Ada delapan lokasi berbeda yang akan dikunjungi istri Anies dalam dua hari itu. “Kami melakukan canvasing door to door, bukan rapat umum. Jadi kami lebih masuk ke hati nurani masyarakat. Ada delapan lokasi di Soloraya,” terang dia.

Pata menjelaskan istri Anies akan didampingi Ketua DPD Partai Nasdem Solo, Eva Yuliana, dan para caleg di wilayah setempat, dalam kegiatannya. Kehadiran Fery Farhati di Soloraya diharapkan menguatkan soliditas pendukung Amin.

“Pak Anies sudah beberapa kali di Solo, sosialisasi saat undangan Muhammadiyah, juga beberapa relawan. Kehadiran Bu Anies, harapan kami semakin merapatkan, menyambungkan hati Amin, para relawan dan calon pemilih,” imbuh dia.

Penuturan senada disampaikan Ketua DPC PKB Solo, Moh Chamim Irfani. Menurut dia, belum ada kegiatan kampanye rapat umum pada hari pertama. “Belum ada kalau dari PKB. Belum ada kampanye rapat umum terbuka,” urai dia.

Untuk agenda kampanye ke depan, menurut dia, terus dikoordinasikan dengan Partai Nasdem. “Kami mengutus Mas Umar dari Lembaga Saksi Pemenangan dan Koordinator Amin di Solo, memang hari ini enggak ada agenda,” tutur dia.

Terpisah, Umar Januardi selaku Ketua Tim Hukum Amin Solo, mengatakan pihaknya memang belum ada kegiatan kampanye terbuka hari ini. Sehingga pihaknya merelakan digunakannya lapangan kampanye terbuka untuk kegiatan PDIP.

“Ya karena memang kami belum ada kegiatan, sehingga lapangan kami ikhlaskan untuk digunakan sahabat-sahabat kami dari PDIP,” kata dia. Yang menarik, justru dari PDIP Solo yang menggelar Sicita melibatkan 102.000 kader, pada Minggu (21/1/2024).

Namun, senam digelar di 51 lokasi berbeda di Soloraya, termasuk di Lapangan Sumber, yang merupakan salah satu lapangan yang disiapkan untuk kampanye terbuka. Senam serentak tersebut digelar dalam rangka HUT ke-51 PDIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya