SOLOPOS.COM - Suasana PTM di SMPN 8 Solo saat hari pertama pembelajaran setelah libur Lebaran, Senin (9/5/2022). (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO – Proses belajar mengajar satuan pendidikan di Kota Solo kembali berjalan Senin (9/5/2022) setelah masa libur dan cuti Lebaran 2022 selesai. Siswa kembali mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) ataupun pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Seperti diketahui, tidak ada perpanjangan libur Lebaran 2022 bagi siswa, guru, dan pegawai di Solo. Aktivitas pemerintahan, sekolah, dan rata-rata sektor pekerjaan kembali berjalan per Senin.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, mengatakan semua siswanya hadir di sekolah tepat waktu yakni sebelum pukul 07.30 WIB. Bahkan, tidak ada siswa ataupun guru yang terlambat hadir ke sekolah.

Selama awal pandemi Covid-19 hingga PTM saat ini, SMPN 8 Solo mengubah waktu masuk sekolah dari pukul 07.00 WIB menjadi 07.30 WIB. Sementara durasi pembelajaran masih disesuaikan dengan aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk Kerja, Ratusan ASN Sragen Bersalam-Salaman

“Secara umum anak-anak sudah di sekolah sesuai jam. Saat ini kita masih KBM 07.30 WIB. Kalau sudah normal seperti sebelum pandemi masuknya 07.00 WIB,” tutur Triad saad ditemui Solopos.com, Senin.

Setibanya di sekolah, siswa dari kelas VII hingga IX mengikuti apel pagi sekaligus halalbihalal bersama para guru dan pegawai sekolah. Peserta halalbihalal belum diizinkan untuk berjabat tangan. Hal itu bertujuan meminimalkan kontak fisik yang dapat berpotensi menyebarkan virus.

Selain untuk bermaaf-maafan, halalbihalal juga bermaksud menyapa peserta didik agar kembali bersemangat mengikuti PTM. Pasalnya, dalam waktu dekat akan ada penilaian akhir tahun (PAT).

Baca Juga: Hari Pertama Ngantor, Ini Kegiatan Pertama Bupati Sukoharjo

“Tapi sementara masih belum bersalaman, kontak dengan anak-anak. Tapi saya merasa itu sudah cukup ya untuk memulai dan menyemangati siswa untuk kembali belajar,” imbuh dia.

Salah satu siswa kelas VIII F SMPN 8 Solo, Thalita Aulia, mengatakan seluruh teman sekelasnya hadir mengikuti PTM hari pertama. Tidak ada teman kelasnya yang izin dengan alasan masih di luar kota karena keperluan mudik atau liburan.

“Tadi sudah sampai di sekolah 06.45 WIB. Kemudian menyiapkan apel pagi dan menyiapkan ikrar halalbihalalnya,” terang Thalita.

Baca Juga: Mbeludak! Mal di Solo Diserbu 25.000 Orang per Hari Pas Lebaran

Sementara itu, Pramono, siswa kelas VIII G bertugas sebagai pemimpin apel pagi. Ia juga mengikuti briefing bersama OSIS untuk menyiapkan apel pagi dan halalbihalal. Apel pagi tersebut sekaligus menjadi apel perdana sejak PJJ diterapkan.

Pramono juga mengatakan meski mengenakan masker, raut wajah sumringah tampak dari wajah rekan-rekannya. “Sebetulnya ini yang pertama setelah PJJ. Iya [apel perdana]. Bercanda sesama teman ya enak. Senengnya pas halalbihalal kelihatan ya meski matanya aja,” katanya.

Selain SMPN 8 Solo, SDN Bulukantil, Jebres, juga telah melaksanakan PTM usai libur Lebaran 2022. Hal itu disampaikan Kepala SD Bulukantil, Dyah Sapta Riyani saat ditemui Solopos.com, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Begini Momen Warga Rebutan Apam Lebaran di Mojogedang Karanganyar

Seluruh peserta didik SDN Bulukantil sudah hadir dan mengikuti PTM. Bahkan, salah satu guru yang merayakan Lebaran di Aceh sudah kembali mengajar.

“Kayaknya dari semua kelas sudah siap ya, tidak ada yang masih mudik atau terdampak apa [macet]. Bulukantil sudah mulai [PTM] saat ini ya. Tadi semua sudah bisa masuk. Bahkan gurunya aja yang kemarin dari Aceh juga sudah hadir,” tutur Dyah.

Sebelum melaksanakan PTM di kelas, peserta didik, guru, dan pegawai sekolah juga mengikuti halalbihalal di halaman sekolah. “Tadi setelah halalbihalal baru masuk. Ayo mumpung anak-anak semangat gitu,” imbuh dia.

Baca Juga: Juliyatmono: Besok Tidak Ada Alasan ASN Membolos!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya