SOLOPOS.COM - Pengemudi melintasi jalur fungsional tol Solo-Yogyakarta di kawasan Ngasem, Karanganyar, Jumat (22/12/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 3.678 kendaraan melintasi 13 Kilometer (Km) tol fungsional Solo-Jogja pada hari pertama beroperasi, Jumat (22/12/2023). Tol fungsional Solo-Jogja yang melintang dari Kartasura dan Banyudono hingga Karanganom, Klaten tersebut rencananya beroperasi hingga 3 Januari 2024.

Pelaksana Humas PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rachmat Jesiman, mencatat kendaraan yang masuk ke Colomadu sebanyak 2.462.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sebanyak 3.678 kendaraan tersebut adalah yang melintas tol fungsional, sudah include [termasuk hitungan] kendaraan yang langsung dari Colomadu,” jelas dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat malam.

Di hari pertama pembukaan tol fungsional Solo-Jogja belum terdapat diskresi lalu lintas. Sebelumnya Rachmat mengatakan seluruh kendaraan baik yang menuju ke Tol Transjawa dan tol fungsional Solo-Jogja akan melewati gerbang tol (GT) Banyudono pada pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB. Setelah masuk GT Banyudono, akan diurai kendaraan yang masuk ke Tol Transjawa dan fungsional.

Terdapat portal ketinggian untuk golongan kendaraan I menuju tol fungsional, sehingga kendaraan selain golongan I tidak bisa masuk ke tol fungsional. Setelah pukul 17.00 WIB hingga 06.00 WIB, kendaraan yang ingin ke Tol Transjawa bisa kembali masuk via GT Colomadu.

Untuk menuju lokasi GT Banyudono, pengendara cukup berjalan ke arah barat atau menuju Semarang di jalan nasional Solo-Semarang. Lokasi GT Banyudono berada di barat traffic light atau Bangjo Bangak, Banyudono.

Lokasi GT Banyudono berada di kiri jalan, sehingga pastikan tidak perlu berkendara dengan kecepatan penuh setelah melewati traffic light Bangak karena GT Banyudono berada di kiri jalan.

Bagi pengendara dari tol Transjawa yang ingin lewat jalur fungsional tol Solo-Jogja bisa langsung lewat Colomadu tanpa harus keluar tol. Sedangkan, pengendara mobil yang dari jalur arteri bisa masuk lewat entrance Banyudono. Kedua akses masuk tersebut hanya aktif pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Selama jalur tol fungsional diaktifkan, semua kendaraan yang ingin masuk ke tol Transjawa masuk lewat GT Banyudono.

Kemudian, kendaraan golongan I dari Tol Transjawa yang tidak ingin melanjutkan perjalanan ke arah Klaten via jalur tol fungsional bisa keluar via Exit Tol Colomadu dan Exit Banyudono. Untuk kendaraan non golongan I bisa keluar via Exit Tol Colomadu.

“Di luar jam fungsional yang ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting [GT Colomadu],” kata dia.

Begitu pun saat arus balik pada 1-3 Januari 2024, juga diberlakukan satu arah dari Yogyakarta menuju Solo. Dari GT Karanganom bisa keluar lewat Exit Banyudono untuk kendaraan yang ingin keluar ke jalan arteri.

Lalu dari GT Karanganom bisa masuk ke GT Colomadu untuk tujuan Tol Transjawa. Selanjutnya, dari GT Banyudono langsung ke GT Colomadu untuk tujuan Tol Transjawa. Kemudian yang dari arah Tol Transjawa bisa keluar di GT Colomadu untuk tujuan jalan arteri ke arah Boyolali dan Kartasura.

Beberapa fasilitas yang disiapkan antara lain posko layanan informasi, BBM mobile jalan tol, ambulans dan tenaga medis, Patroli Jalan Raya (PJR), Mobil Customer Service, derek gratis, dan toilet portable. Suchandra menyampaikan ada sekitar enam toilet portable yang disediakan.

https://jogja.solopos.com/tol-jogja-solo-dibuka-fungsional-per-hari-ini-cek-fasilitas-dan-aturan-berikut-1826108

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya