SOLOPOS.COM - Ratusan wali murid datangi Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo untuk melakukan verifikasi akun PPDB, Senin (3/7/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos com, SOLO — Ratusan orang tua atau wali murid memadati kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo pada hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, dan SMP jalur zonasi dan perpindahan, Senin (3/7/2023).

Kebanyakan orang tua atau wali murid yang mendatangi kantor Disdik Solo berasal dari luar kota. Mereka diharuskan melakukan verifikasi akun di Disdik Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pantuan Solopos.com, sejak pukul 07.30 WIB sudah ada beberapa wali murid datang. Puncaknya sekitar pukul 10.00 WIB ratusan orang tua mengantre untuk mendapatkan pelayanan.

Dari nomor antrean yang dibagian sudah lebih dari 200. Semakin siang, banyak wali murid yang berdatangan sehingga tidak mendapatkan nomor antrean. Sempat pelayanan terhenti lantaran petugas di lantai satu itu kewalahan.

Ketika ditemui Solopos.com di sela-sela pelayanan, Kasi SMP Disdik Solo, Abi Satoto menyebut antrean panjang itu berasal dari wali murid luar kota. Hal itu di luar prediksi Disdik, dia mengatakan PPDB tahun 2022 lalu, pendaftar luar kota tidak sampai membludak.

“Perkiraan 200 pendaftar dari luar kota. Ini ternyata yang buat akun sampai 1000 lebih, ini di luar perkiraan kita,” kata Abi di kantor Disdik Solo, Senin.

Wali Murid asal Sukoharjo, Hana, 42, mengatakan pelayanan verifikasi akun cukup rumit. Dia sempat kebingungan dan pasrah karena kehabisan atrean.

“Cukup rumit penuh dan kehabisan antrean. Ternyata dari luar kota banyak sekali yang datang untuk daftar ke SMP Solo,” kata dia, ketika berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Dia terpaksa kembali karena tidak bisa terlayani di kantor Disdik Solo. Hana mengatakan baru saja mendapat informasi kalau untuk verifikasi akun bisa ke sekolah tujuan.

Hana sengaja mendaftarkan sekolah anaknya ke SMPN 24 Solo lantaran menurutnya kualitas sekolah di Solo lebih bagus. “Keseniannya juga lebih maju kalau di Solo,” kata dia.

Sebelumnya dia mendapat informasi verifikasi akun bagi pendaftar luar kota harus datang ke Kantor Disdik. Namun ketika sampai Kantor Disdik, dia menyebut sudah ada perubahan aturan sehingga verifikasi bisa dilakukan di sekolah tujuan.

Warga Gentan, Sukoharjo, Atin, 48, mengaku sudah datang di kantor Disdik Solo sejak pukul 08.00 WIB untuk melakukan verifikasi akun. Dia mendaftarkan anaknya ke SMPN 27 Solo,

“Tadi kan udah ke SMPN 27 Solo, pagi-pagi terus disuruh ke sini. Karena katanya terlalu banyak peminat dari luar kota, Nanti yang tidak dapat nomor antrean ke sekolah [tujuan untuk melakukan verifikasi],” kata dia.

Dia sengaja memilih SMPN 27 Solo lantaran dekat dengan rumahnya di Gentan, Sukoharjo. Atin menyebut lebih dekat mengakses sekolah di Kota Solo ketimbang di Sukoharjo.

“Kalau saya ke SMP di daerah Baki itu jauh, tapi kalau SMPN 27 Solo cuma 15 menit dari rumah Gentan,” kata dia. Atin mendapat nomor antrean 106 dan ingin tetap menunggu giliran untuk mendapat pelayanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya