SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SD ujian (Dok/JIBI/Solopos)

Hasil ujian sekolah tingkat SD Solo meraih peringkat kelima nilai rata-rata US/M se-Jateng.

Solopos.com, SOLO-Kota Solo berhasil masuk peringkat lima besar untuk perolehan nilai rata-rata Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2016 se-Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan tingkat kelulusan siswa SD di Kota Solo tahun ini mencapai 100 persen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, ketika dihubungi melalui ponselnya, Sabtu (18/6/2016).

Etty menyebutkan, Kota Solo menduduki rangking kelima di Provinsi Jawa Tengah dengan nilai rata-rata US/M 234,89.
“Dari provinsi (Provinsi Jawa Tengah), untuk rangking Solo rangking 5 dengan rata-rata nilai 234,89,” ujarnya, Sabtu.

Sedangkan untuk peringkat pertama nilai rata-rata tertinggi US/M se-Kota Solo, lanjutnya, diduduki oleh SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) dengan nilai rata-rata US/M 276,6. Namun untuk peringkat kedua dan ketiga, Etty menyatakan pihaknya belum menerima laporan lebih lanjut.

“Sampai hari ini saya belum menerima laporan rangking secara keseluruhan,” terangnya.

Terkait hasil US/M tahun ini, Etty meminta semua sekolah agar terus meningkatkan integritas dan prestasi. Menurutnya, guru semakin dituntut mendidik dan mengajar secara profesional dan kompeten.

Sebagaimana diketahui, selain peringkat tertinggi nilai rata-rata US/M, sebelumnya juga diinformasikan ada dua siswa SD di Kota Solo yang masuk peringkat 10 besar nilai tertinggi US/M 2016 se-Provinsi Jawa Tengah. Mereka adalah Gabriela Carmen Wibowo dari SD Kristen Kalam Kudus dan Raja Bintang Mahardika dari SD Islam Internasional (SDII) Al Abidin.

Nilai US/M yang diraih kedua siswa tersebut sama, yakni 298,0 dengan rincian nilai yang juga sama untuk ketiga mata pelajaran (mapel) yang diujikan dalam US/M tersebut, masing-masing 100 untuk Matematika, 100 untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan 98 untuk Bahasa Indonesia.

Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar SD dan Anak Usia Dini (Dikdas SD & AUD) Disdikpora Solo, Rita Nirbaya, menambahkan, menurut informasi dari Provinsi Jawa Tengah, ada 10 siswa dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang memperoleh nilai US/M 298, termasuk dua orang di antaranya adalah Gabriela Carmen Wibowo dari SD Kristen Kalam Kudus dan Raja Bintang Mahardika dari SD Islam Internasional (SDII) Al Abidin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya