SOLOPOS.COM - Petugas menunjukkan penutup besi saluran air di underpass Makamhaji yang terlepas. (istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Penutup besi saluran air di kawasan Underpass Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, terlepas. Serpihan penutup besi saluran air itu berserakan dan bisa membahayakan pengguna jalan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Sabtu (5/2/2022), jalur di Underpass Makamhaji mengalami kerusakan. Kondisi itu diperparah dengan lepasnya penutup besi saluran air. Terlebih, penutup besi pecah dan serpihannya berserakan di jalan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Baca Juga: 30 Menit Petugas DPP Sukoharjo Berjibaku Bantu Sapi Kesulitan Beranak

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, menyatakan selama ini pihaknya kerap mengganti penutup besi saluran air yang rusak. Namun, kerusakan terus terjadi karena banyaknya kendaraan yang melintasi Underpass makamhaji.

“Baru dipasang sepekan-dua pekan sudah rusak lagi. Penutup besi saluran air tak kuat menahan beban karena saking tingginya volume kendaraan bermotor yang melewati underpass,” kata dia.

Toni menegaskan Underpass Makamhaji tercatat sebagai aset pemerintah pusat. Pemkab Sukoharjo tak berwenang sepenuhnya menangani underpass.

Sementara itu, Kepala Pos Polisi Lalu Lintas Kartasura, Aiptu A. Christian D.N, mengimbau warga agar tak melintasi Underpass Makamhaji dulu. Pasalnya selain jalan yang rusak, terdapat serpihan besi yang bisa menancap di ban kendaraan bermotor pengguna jalan. Hal ini tentu sangat membahayakan para pengguna jalan.

“Kami mengimbau agar para pengguna jalan baik dari arah timur dan barat agar tidak melewati Underpass Makamhaji. Silakan para pengguna jalan mencari jalur alternatif lainnya demi keselamatan,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Baca Juga: Jangan Lewat Underpass Makamhaji Dulu Lur, Jalannya Sedang Rusak!

Intensitas hujan yang lebat membuat sejumlah ruas jalan tergenang air. Para pengendara sepeda motor bisa terperosok lubang jalan lantaran tertutup genangan air itu. Bisa juga, ban sepeda motor bocor gara-gara tertancap serpihan besi penutup saluran air.

Petugas mengatur arus lalu lintas dari arah timur atau Solo yang mengarah langsung ke lubang jalan di underpass. “Kami baru saja membantu ibu hamil yang mengendarai sepeda motor melewati underpass. Kami arahkan agar tidak melewati jalan yang berlubang,” ujar Christian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya