SOLOPOS.COM - Petugas gabungan memeriksa makanan yang dijual pedagang pada sidak di Pasar Gede, Solo, Kamis (6/4/2023). DInas Kesehatan Kota Solo mengimbau masyarakat untuk teliti membeli makanan terutama menjelang Lebaran.

Solopos.com, SOLO —Menjelang Lebaran, Dinas Kesehatan Solo menemukan sejumlah makanan kedaluwarsa hingga produk tidak memenuhi syarat dan masih beredar di pasar tradisional maupun retail modern.

Kepala Bidang (Kabid) Penyediaan Fasilitas Kesehatan dan Kefarmasian DKK Solo, Anom Yuliansyah menyarankan agar masyarakat Kota Solo lebih teliti memilih produk yang akan dibeli.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Mengamati yang teliti terhadap produk pangan yang dibeli. Diamati kondisi fisik kemasan, kondisi fisik produk dipastikan baik. Pengamatan label dan informasi-informasi produk,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (11/4/2023).

Selain mengamati dan memastikan kondisi fisik produk dalam keadaan baik. Anom juga menyarankan agar masyarakat juga mengamati cara penjual menyimpan produk, yakni kondisi tempat penyimpanan makanan juga dipastikan dalam keadaan baik.

Kegiatan pengawasan terhadap keamanan pangan jelang Lebaran yang dilakukan Dinas Kesehatan dilakukan mulai Kamis (6/4/2023). Melalui tim pembinaan dan pengawasan obat dan makanan Kota Solo, para petugas menyisir sejumlah kawasan jual beli seperti pasar tradisional, pasar modern, serta terminal.

“Pada Kamis pekan lalu yang lalu sidak di Luwes Lojiwetan, Pasar Gede, Pasar Legi, Luwes Mojosongo, Pasar Mojosongo dan kios-kios terminal,” papar dia.

Pengawasan terhadap keamanan produk dilakukan oleh petugas, khususnya pada jenis produk pangan olahan atau pangan dalam kemasan. Dari kegiatan yang dilakukan para petugas, masih beredar sejumlah makanan kedaluwarsa di beberapa lokasi, misalnya di salah satu retail modern.

“Ditemukan produk kedaluwarsa dua merek atau jenis jumlah empat kemasan,” ungkap dia.

Atas temuan itu, petugas selanjutnya menarik produk kedaluwarsa dari etalase dan dilakukan retur. Selain makanan kedaluwarsa, petugas juga masih menemukan sejumlah produk pangan olahan yang tidak memenuhi standar.

“Produk yang tidak memenuhi syarat label dan kemasan. Kebanyakan di pasar tradisional,” terang dia.

Di samping itu, Anom juga menjelaskan temuan petugas saat menyisir makanan kedaluawarsa di sejumlah kios terminal.

“Kios terminal juga ada makanan yang ED [expired date atau kedaluwarsa]. Pasar ada pangan tanpa label,” ucap dia.

Kegiatan pengawasan ini dilakukan untuk menjamin mutu dan keamanan pangan yang beredar di Kota Solo menjelang Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya