SOLOPOS.COM - Situasi lalu lintas di Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (11/1/2022). (Solopos-Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sejumlah infrastruktur di Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, mengalami kerusakan. Kondisi tersebut berpotensi membahayakan pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut.

Pantauan Solopos.com di Underpass Makamhaji Selasa (11/1/2022) pukul 10.00 WIB, jalur tersebut tampak padat kendaraan yang mengantre untuk melintas mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat. Kepadatan lantaran disebabkan pengemudi memilih berhati-hati melintas lantaran kondisi aspal yang sudah banyak berlubang dan penutup saluran air di tengah underpass rusak yang bisa merusak ban.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selain itu, kendaraan berjalan pelan lantaran lebar jalan di sepanjang underpass cukup sempit, sehingga tidak memberikan ruang lebih untuk kendaraan yang melintas bermanuver.

Baca juga: Hindari Motor Nyalip, Truk Tabrak Pembatas Jalan Underpass Makamhaji

Salah satu warga sekitar, Dwi Ariyanto, 23, mengatakan kondisi jalan di Underpass Makamhaji perlu ada perbaikan. Hal ini lantaran dia menilai jalan tersebut sudah mulai berbahaya karena banyaknya jalan yang berlubang akibat rusaknya aspal.

“Ya kalau pelan-pelan masih aman. Tapi kalau kondisi sepi dan tidak tahu kondisinya bisa bahaya karena jalannya rusak dan ada penutup selokan yang berbahaya karena sudah mulai lepas-lepas kalau dilintasi,” beber dia.

Pengecekan oleh Tim Gabungan

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengaku pihaknya sudah mengecek kondisi infrastruktur di Underpass Makamhaji pada Selasa pagi pascaadanya laka tunggal truk tronton, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Ini Loh Kerusakan Underpass Makamhaji Sukoharjo yang Dikeluhkan Masyarakat

Dia mengakui perlunya perbaikan infrastruktur di jalur Underpass Makamhaji untuk keamanan pengguna jalan. Pengecekan menurutnya dilakukan tim gabungan dari Satlantas Polres Sukoharjo, Balai Perkeretaapian, dan DPUPR Sukoharjo.

“Setelah ini kami akan melanjutkan rapat koordinasi. Karena memang perlu ada perbaikan di aspal jalan dan drainase-nya. Kami juga berencana akan memperpanjang median jalan tapi dicat warna mencolok agar kelihatan. Karena selama ini yang menabrak karena warnanya membuat median tidak kelihatan,” ucap dia.

Diberitakan, kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal terjadi di Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo Senin (10/1/2022) pagi. Peristiwa tersebut terjadi diduga disebabkan sopir truk yang berusaha untuk menghindari kendaraan di depannya.

Baca juga: Underpass Makamhaji Sukoharjo Rawan Kecelakaan, Banyak Pengemudi Tak Melihat Beton Pembatas Jalan

Awalnya, truk tronton merek Nissan bernomor polisi H 8269 AQ yang dikendarai Khoyin, 62, warga Semarang melaju dari arah timur ke barat. Saat berada di lokasi kejadian sekitar pukul 05.30 WIB, pengemudi mencoba menghindari sepeda motor tak dikenal yang mendahului dari kiri. Karena hal tersebut, pengemudi kemudian membanting kemudi ke sebelah kanan dan menabrak pembatas jalan dari beton yang mengakibatkan lakalantas tunggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya