SOLOPOS.COM - Kemacetan di Jl. Kapten Mulyado, Kota Solo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu ketika diselenggarakan haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLODinas Perhubungan (Dishub) Solo bakal mulai menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas atau MRLL acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy di Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, Senin (14/11/2022).

Rencananya, jalan tersebut akan ditutup mulaia pukul 08.00 WIB pagi ini hingga Rabu (16/11/2022) pukul 16.00 WIB. Seperti diketahui, rangkaian haul ke-111 Habib Ali sudah dimulai sejak Sabtu (12/11/2022) dengan acara rauhah atau mengaji dan membaca Alquran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Acara tersebut berlangsung hingga Senin (14/11/2022). Selanjutnya, puncak acara haul akan berlangsung pada Rabu (15/11/2022) dilanjutkan dengan maulud pada Kamis (16/11/2022).

Untuk mendukung persiapan puncak acara Haul Habib Ali, Dishub Solo akan mulai menutup Jl Kapten Mulyadi tepatnya dari simpang empat Pasar Kliwon sampai Simpang Baturono.

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram @dishubsurakarta, telah disiapkan rute-rute pengalihan bagi kendaraan yang biasa lewat jalur tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap! Jl Kapten Mulyadi Solo bakal Ditutup Total saat Haul Habib Ali

Kendaraan dari arah utara di Jl Kapten Mulyadi akan dibelokkan ke kanan melalui Jl Mayor Kusmanto menuju Jl Jenderal Sudirman, Bundaran Gladak, Jl Slamet Riyadi sisi seltan (contra flow). Sampai Simpang Nonongan, kendaraan berbelok ke Jl Yos Sudarso.

Personel Disiapkan Urai Potensi Macet

Kemudian kendaraan dari arah selatan (Jl Brigjen Sudiarto) mesti berbelok ke kiri yakni Jl Veteran sampai Simpang Gemblegan, lalu belok kanan menuju Jl Yos Sudarso. Arus lalu lintas dari arah Solo Baru via Dawung dilarang belok kanan, wajib lurus ke arah Nonongan atau belok kiri ke arah Jl Veteran.

Personel Dishub Solo akan ditempatkan di sejumlah lokasi untuk mengurai potensi kemacetan selama pelaksanaan Haul Habib Ali. Di antaranya di Baturono, Gading, Gemblegan, Nonongan, Gladak, dan Loji Wetan.

Baca Juga: Jemaah dari 3 Negara Termasuk Yaman bakal Hadiri Haul Habib Ali di Solo

Sedangkan untuk lokasi parkir bagi kendaraan jemaah peringatan Haul Habib Ali juga telah disiapkan yakni di Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Kidul Keraton Solo, kawasan Benteng Vastenburg, Gedung Parkir Ketandan, dan fasilitas parkir Loji Wetan.

Sebelumnya, seorang keturunan Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, Habib Ali bin Hasan Al Habsyi, saat ditemui Solopos.com di Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Selasa (8/11/2022), mengatakan telah menyiapkan lima ton beras dan 500 ekor kambing untuk dimasak oleh puluhan juru masak.

Masakan tersebut nantinya dibagikan kepada peserta haul yang diperkirakan mencapai puluhan hingga ratusan ribu orang dari berbagai daerah di Tanah Air dan beberapa negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya