SOLOPOS.COM - Ribuan orang memadati jalan depan Masjid Ar Riyadh untuk mengikuti puncak acara Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al Habsy di Pasar Kliwon, Solo, Selasa (15/11/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Ribuan orang dari berbagai penjuru Tanah Air dan luar negeri berbondong-bondong menghadiri acara Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Pasar Kliwon, Solo, Selasa (14/11/2022). Mereka mendatangi Masjid Ar Riyadh karena rindu kepada orang-orang saleh pewaris para Nabi.

Pantauan Solopos.com, Selasa (15/11/2022), kantong parkir kendaraan bermotor yang disiapkan seperti Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan Keraton Solo sesak dijejali bus dan mobil. Sedangkan jalan perkampungan di sekitar JL Kapten Mulyadi penuh sesak sepeda motor.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Para jemaah tampak berjalan kaki dari Alun-alun menuju lokasi acara peringatan haul di Masjid Riyadh. Mereka melantunkan keindahan surat Yasin dan Tahlil serta sejarah perjalanan hidup Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Ada juga jemaah Haul Habib Ali di Solo yang menggelar kertas dan tikar untuk duduk bersila di trotoar dan ruas jalan tersebut. Mereka berdatangan dari berbagai daerah di Tanah Air. Tak hanya kota-kota besar di Jawa, tapi daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Bahkan, ada jemaah dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Yaman yang menyempatkan diri menghadiri acara tersebut. Seorang jemaah asal Lampung, Kuswatun, mengaku hampir setiap tahun menghadiri acara peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo.

Baca Juga: Haul Habib Ali Solo: Jalur Pengalihan Ramai Lancar, Macet Justru di Gang Kecil

Dia datang bersama suami dan kerabat keluarganya. Mereka menginap di salah satu penginapan di wilayah Pasar Kliwon sejak dua hari lalu. “Sudah dua tahun  absen karena acara peringatan haul ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Kami rindu orang-orang saleh seperti Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa.

Cuti Kerja demi Haul Habib Ali

Kuswatun menyampaikan orang-orang saleh merupakan pelita yang menerangi langkah manusia dalam meniti hidup. Kesempatan itu tak datang dua kali. Dia ingin mencari berkah dengan mendatangi acara peringatan Haul Habib Ali di Masjid Riyadh, Solo.

Berkah itu tak hanya untuk dirinya melainkan keluarganya. Hal senada diungkapkan seorang jemaah asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Nursani. Dia rela mengajukan cuti kerja selama sepekan untuk mengajak keluarganya menghadiri acara peringatan haul di Kota Bengawan.

Baca Juga: Biografi Habib Ali bin Muhammad Al Habsy, yang Haulnya Diadakan di Solo

Nur, sapaan akrabnya, mengaku kali terakhir menghadiri acara peringatan haul pada 2018. Setahun kemudian, ia absen lantaran ada kepentingan keluarga yang bersamaan waktunya dengan acara peringatan haul.

“Terus terang, saya mencari berkah di acara peringatan haul. Hidup lebih nyaman, hati lebih tenang,” ujarnya. Sebagai informasi, Habib Ali bin Muhammad Al Habsy merupakan salah satu keturunan langsung Nabi Muhammad SAW.

Mengutip Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi adalah seorang keturunan Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tanggal 24 Syawal 1259 Hijriah atau tahun 1839 Masehi di Desa Qosam, Hadhramaut, Yaman.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Puncak Haul Habib Ali di Masjid Ar Riyadh Pasar Kliwon

Nasab Habib Ali

Habib Ali terlahir dari pasangan Habib Muhammad bin Husein Al-Habsyi dan Habibah Alawiyah binti Husein bin Ahmad Al-Hadi Al-Jufri. Nasab mulia Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi tidak perlu diragukan lagi.

Dalam Manaqib Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, nasabnya tersambung melalui jalur nasabnya Ali Zainal Abidin bin Husein bin Fathimah az-Zahra binti Muhammad bin Abdillah.

Acara haul atau peringatan hari wafatnya Habib Ali digelar tiap tahun di Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo. Namun, dua tahun terakhir, 2020-2021, acara digelar tertutup lantaran pandemi Covid-19.

Baca Juga: Begini Sibuknya Dapur Masjid Riyadh Solo Masak untuk Jemaah Haul Habib Ali

Jemaah dari berbagai daerah hanya bisa menyaksikan acara itu secara online di kanal resmi Masjid Riyadh. Tahun ini, acara Haul Habib Ali kembali dibuka untuk umum dan langsung diserbu ribuan pengunjung.

Panitia menyiapkan lima ton beras dan 500 ekor kambing untuk dimasak sebagai hidangan bagi para jemaah selama tiga hari. Sedangkan untuk pengaturan lalu lintas di sekitar Masjid Ar Riyadh, Dishub Solo menutup Jl Kapten Mulyadi dari Simpang Empat Sangkrah sampai Simpang Baturono sejak Senin (14/11/2022) pukul 13.00 WIB hingga Rabu (16/11/2022) pukul 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya