SOLOPOS.COM - Pekerja menunjukkan lokasi penemuan mortir di galian fondasi pembangunan masjid di Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper, Klaten, Rabu (25/1/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Pekerja pembangunan salah satu masjid di Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper, Klaten, dibuat kaget dan heboh dengan penemuan mortir saat menggali tanah untuk fondasi masjid. Mortir tersebut kemudian dibawa polisi untuk dimusnahkan.

Mortir itu ditemukan salah satu pekerja bernama Tri Sulistyo, 40, pada Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, Tri sedang menggali tanah untuk membuat fondasi untuk pembangunan masjid.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Saat itu di sisi utara. Saya mencangkul pada kedalaman 1 meter dan mengenai benda seperti besi,” kata Tri kepada wartawan di sekitar lokasi penemuan, Rabu (25/1/2023).

Tri kemudian mengeruk tanah di sekitar benda itu hingga terlihat bagian ujung. Setelah kelihatan, bentuk benda itu mirip ketela. “Karena merasa bahaya, saya beritahukan ke panitia masjid dan diangkat bersama-sama. Setelah itu diinformasikan ke polisi,” jelas dia mengenai penemuan mortir di Ceper, Klaten.

Benda itu kemudian disimpan di salah satu rumah warga sekitar. Selama diinapkan di rumah warga, benda itu dijaga polisi. Mortir itu kemudian diambil oleh polisi pada Rabu pagi.

Lokasi yang ditemukan mortir itu sebelumnya merupakan bekas bangunan rumah. Tanah di lokasi itu kemudian diwakafkan untuk pembangunan masjid.

Kapolsek Ceper, AKP Aris Joko Narimo, menjelaskan bahan peledak yang diduga masih aktif itu ditemukan saat ada pengalian fondasi untuk pembangunan masjid.

“Benda itu sudah dievakuasi oleh tim Gegana Polda Jateng dan dilakukan disposal di Lapangan Tembak Trucuk,” kata Kapolsek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya