SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung anak-anak memberi makan kura-kura sulcata hibah dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan anaknya, Jan Ethes di Solo Safari, Jumat (30/6/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 27 ekor kura-kura jenis sulcata menambah koleksi satwa Solo Safari. Kura-kura yang berasal dari Gurun Sahara, Afrika itu hibah dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan anaknya, Jan Ethes Srinarendra.
Sebelumnya, kura-kura sulcata itu dipelihara di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung selama beberapa tahun. Gibran dan Jan Ethes lantas menghibahkan kura-kura peliharaannya itu ke Solo Safari.
General Manager Solo Safari, Shinta Adithya mengatakan kura-kura sulcata hibah dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan anaknya, Jan Ethes Srinarendra merupakan koleksi satwa baru Solo Safari.
“Kura-kura ini hibah dari Mas Wali [Gibran Rakabuming Raka] dan Jan Ethes yang sebelumnya dipelihara di Loji Gandrung. Jumlahnya 27 ekor kura-kura. Kami pindakan ke sini untuk menambah koleksi satwa Solo Safari,” kata dia saat ditemui wartawan, Jumat (30/6/2023).
Para pengunjung terutama kalangan anak-anak bisa melihat dari dekat kura-kura sulcata. Mereka juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan kura-kura.
Para pengunjung tak perlu khawatir, ada petugas yang mengawasi di sekitar area kandang kura-kura. “Kura-kura yang berukuran besar sekitar delapan ekor. Sisanya berukuran kecil,” ujar dia.
Selain itu, koleksi satwa di Solo Safari juga bertambah setelah dua jenis satwa melahirkan bayi pada beberapa pekan lalu. Kedua satwa yang melahirkan bayi itu yakni rusa bawean dan walabi.
Hal ini membuktikan kesuksesan Solo Safari dalam breeding atau pengembangbiakan satwa. “Anak rusa bawean berumur 15 hari. Kalau anak walabi juga kurang lebih sama. Di Solo Safari sekarang juga ada wahana baru Toys Island untuk memanjakan pengunjung anak-anak agar bisa bermain di sekitar kandang satwa,” ujar dia.
Sementara itu, seorang pengunjung asal Jakarta, Marlin mengaku kali pertama berkunjung ke Solo Safari. Konsep Solo Safari yang mengedepankan edukasi dan interaksi satwa bagi anak-anak menjadi nilai plus dibanding kebun binatang. “Anak-anak bisa lebih mengenal aneka satwa karena melihat langsung. Ini ular, gajah, rusa dan lain lain,” kata dia.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya