SOLOPOS.COM - Poster informasi agenda Gladagsari Keren Duwe Gawe di Boyolali yang mendatangkan penyanyi asal Magelang, Woro Widowati. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI – Agenda Gladagsari Keren Duwe Gawe di Gladagsari, Boyolali, akan mendatangkan penyanyi asal Magelang, Woro Widowati, dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI. Woro dijadwalkan tampil dalam acara tersebut pada Selasa (22/8/2023) malam.

Ketua Panitia Gladagsari Keren, Irawan Adi Nugroho, menyampaikan Woro Widowati akan tampil ditemani penyanyi asli Boyolali, Bastian WN. Ia memastikan masyarakat umum bisa datang dan menonton secara gratis tanpa perlu membayar tiket masuk.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Mbak Woro dan Bastian WN akan tampil pada 22 Agustus 2023, pukul 19.00 WIB-23.00 WIB. Selain Bastian ada juga Koma dan Ari and Friends. Silakan datang ajak siapa saja,” ujar Irawan kepada Solopos.com, Rabu (2/8/2023).

Ia menjelaskan dipilihnya Woro Widowati untuk memeriahkan Gladagsari Keren karena saat ini penyanyi tersebut tengah digandrungi anak-anak muda termasuk di Boyolali. Lebih lanjut, ia mengungkapkan agenda Gladagsari Keren dimulai pada 1 Agustus 2023.

Ada aneka lomba seperti voli, makan kerupuk, hingga balap karung tingkat kecamatan di Alun-Alun Kecamatan Gladagsari. Pesertanya dari desa-desa di Kecamatan Gladagsari.

Irawan menyampaikan ada 10 desa di Kecamatan Gladagsari yaitu Seboto, Kaligentong, Gladagsari, Kembang, Ngagrong, Candisari, Ngargoloko, Sampetan, Ngadirojo, dan Jlarem.

Pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus, akan digelar upacara bendera di halaman Kantor Kecamatan Gladagsari. Lalu pada 17-22 Agustus ada festival budaya dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Alun-Alun kecamatan setempat.

Tak hanya hiburan yang mendatangkan Woro Widowati, Gladagsari Keren Boyolali juga mengadakan seminar nasional tentang stunting. Seminar ini akan menghadirkan ahli gizi sekaligus influencer kesehatan dr Tan Shot Yen serta dari perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali pada 30 Agustus.

Berbeda dengan acara lain yang digelar di seputaran kantor Kecamatan Gladagsari, seminar nasional ini akan diadakan di Desa Ngargoloko, tepatnya di Ngargoloko Hall.

“Kami menggelar acara ini pertama dalam rangka memperingati HUT RI, kedua mengenalkan seni budaya di kecamatan kami. Ketiga, kami juga ingin memperkenalkan UMKM di Kecamatan Gladagsari,” kata dia.

Irawan menjelaskan anggaran penyelenggaraan Gladagsari Keren yang mendatangkan Woro Widowati dan berbagai acara lainnya ditanggung bersama 10 desa di Kecamatan Gladagsari, Boyolali, dan ada juga dari pihak ketiga atau sponsor.

Terpisah, panitia lain, Ary Hardiyanto, mengungkapkan sebenarnya ide acara Gladagsari Keren tersebut telah ada sejak 2020 dengan nama Grebeg Merbabu. Sedianya kegiatan tersebut digelar tiap tahun berpindah-pindah dari satu desa ke desa lain di Gladagsari.

Namun, agenda pada 2020 tersebut harus terhenti karena adanya pandemi Covid-19. “Baru 2023 ini, setelah Pak Jokowi mengatakan sudah masa endemi, kami berani mengadakan agenda ini. Rencananya bakal rutin, hanya nanti akankah konsep tahun depan berpindah dari satu desa ke desa lain, kami belum tahu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya