SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Satpol PP Sragen menunjukkan ular jali yang mereka evakuasi dari kamar warga di Desa Wonokerso, Kecamatan Kedawung, Sragen, Rabu (25/10/2023). (Istimewa/Damkar Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Ismiratri kaget bukan kepalang saat melihat seekor ular jali ada di kasurnya saat ia masuk kamar sehabis mandi, Rabu (25/10/2023). Perempuan 31 tahun itu langsung menutup rapat pintu kamar kemudian meminta bantuan dengan menghubungi petugas Damkar Satpol PP Sragen.

Rumah Ismiarti ada di Dukuh Dulang Asri RT 015, Desa Wonokerso, Kecamatan Kedawung, Sragen. Tak lama kemudian petugas Damkar datang untuk mengambil ular tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Ibu itu [Ismiratri] langsung keluar kamar dan menutup kamar rapat-rapat. Kemudian ibu itu menghubungi Tim Damkar untuk meminta bantuan evakuasi ular. Tim Damkar datang dan mengevakuasi ular. Ternyata jenis ular jail yang berbisa rendah,” ujar Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Bidang Damkar Satpol PP Sragen, Anto Sujarwo, saat dihubungi Espos, Rabu

Ia bercerita kasus seperti ini sudah sering ditangani petugas Damkar. Evakuasi ular di Kedawung tersebut merupakan kali ke-33 selama setahun terakhir.

Agar ular tidak masuk rumah, Anto mengimbau warga supaya menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam maupun luar rumah. Bila ada ular dan tidak mengetahui apa jenisnya, ia meminta warga jangan gegabah untuk melakukan evakuasi mandiri. Dia menyarankan untuk segera melapor kepada pihak-pihak yang berkompeten menangani ular.

“Ular itu sementara ada di Mako Damkar Sragen. Nanti biasanya kita lepaskan di lokasi yang jauh dari permukiman,” katanya.

Sementara itu, Ketua Exalos Regional Sragen, Lanjar Purbowo, menyampaikan memasuki musim penghujan, biasanya telur-telur ular mulai menetas.

“Pada hujan pertama biasanya ular juga keluar dari sarang. Yang dievakuasi Tim Damkar itu merupakan ular jali atau ptyas mucosa. Ular itu sebenarnya tidak berbisa. Ular seperti ini banyak yang keluar untuk mencari tempat bertelur. Jenis ular ini agak akhir bertelurnya. Ular ini merupakan ular pemakan tikus yang sangat rakus sehingga hidupnya di sekitar kita,” ujarnya.

Exalos merupakan kependekan dari Exotic Anamil Lover’s. Ini adalah komunitas para pencinta hewan eksotis seperti ular.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya