SOLOPOS.COM - Polisi menunjukkan dua tersangka dan barang bukti pencurian Vespa edisi Justin Bieber milik warga Desa Pepe, Kecamatan Ngawen, Klaten, di Mapolres Klaten, Kamis (13/7/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sepeda motor Vespa edisi khusus Justin Bieber milik anak Kepala Desa (Kades) Pepe, Kecamatan Ngawen, Klaten, yang hilang dicuri pada akhir Juni 2023 lalu ternyata sempat dijual oleh si pencuri dengan harga Rp4,6 juta.

Padahal, Vespa edisi terbatas buatan perusahaan Italia itu dibeli oleh pemiliknya, Yolanda, dengan harga Rp89 juta. Si pencuri yang kini sudah tertangkap beralasan nekat mencuri sepeda motor itu lantaran kehabisan uang saku.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ada dua pelaku pencurian sepeda motor tersebut yang berhasil ditangkap tim Polsek Jatinom bersama tim Resmob Polres Klaten. Masing-masing pelaku berinisial M, 42, warga Jakarta Pusat dan AI, 41, warga Tangerang, Banten.

Kedua pelaku masing-masing ditangkap di Jakarta dan Tangerang pada Senin (10/7/2023). Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Lanang Teguh Pambudi, mengatakan Vespa Justin Bieber milik warga Klaten hilang dicuri pada Kamis (29/6/2023).

Pelaku mengambil sepeda motor Vespa edisi Justin Bieber yang diparkir di depo pasir milik ayah Yolanda, Hartana, di Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom, Klaten.

“Barang bukti yang diamankan satu STNK asli, BPKB, faktur pembelian sepeda motor, satu unit mobil yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya, serta satu unit Vespa Justin Bieber,” kata Kasatreskrim kepada wartawan di Polres Klaten, Kamis (13/7/2023).

Sepeda motor Vespa Justin Bieber milik warga Klaten yang dicuri itu sempat dijual oleh pelaku dan kemudian berhasil diamankan. Kedua pelaku diancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

“Saat ini tersangka dalam proses penyidikan. Sesuai penyelidikan kami, kemungkinan tersangka masih satu orang yang dalam pencarian,” kata Kasatreskrim. Dari keterangan para pelaku, mereka mencuri sepeda motor itu lantaran kehabisan ongkos dalam perjalanan dari Jakarta.

“Yang bersangkutan sempat menjaminkan sesuatu untuk membeli bahan bakar. Sesuai keterangan yang bersangkutan kehabisan ongkos, niat mencurinya muncul dari itu,” jelas Kasatreskrim.

Pelaku Kehabisan Ongkos saat Wisata

Kapolsek Jatinom, AKP Nahrowi, menjelaskan kedua pelaku ditangkap di tempat yang berbeda pada Senin (10/7/2023). “Pada Senin dari tim Resmob dan Polsek Jatinom dibantu dari Polsek Kalideres bisa mengamankan pelaku pencurian Vespa Justin Bieber,” kata Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan dari keterangan pelaku bekerja sebagai karyawan swasta. Saat itu, mereka ingin jalan-jalan atau berwisata dan di tengah perjalanan kehabisan uang dan muncul niat untuk mencuri dari salah satu tersangka berinisial M.

“M yang menjadi eksekutor [mengambil sepeda motor], AI memantau di sekitar lokasi, dan satu orang stand by di mobil. Untuk satu orang masih dalam lidik,” kata Kapolsek.

Sementara itu, Hartana menyampaikan terima kasih ke Polres Klaten dan Polsek Jatinom yang berhasil mengungkap dan menemukan sepeda motor Vespa Justin Bieber milik anaknya yang hilang dicuri. Hartana menjelaskan sepeda motor itu seharga Rp89 juta dan sebelumnya sudah inden satu tahun.

Hartana mengatakan barang-barang miliknya ditempatkan di depo pasir setelah rumahnya dieksekusi untuk pembangunan tol Solo-Jogja beberapa waktu lalu. “Barang-barang ditempatkan di depo yang sebenarnya tidak aman. Tetapi apa boleh buat, satu-satunya tempat di sana. Rumah yang saat ini saya tempati itu rumah teman,” kata Hartana.

Vespa Justin Bieber milik anak Kades Pepe, Klaten, itu raib pada Kamis (29/6/2023). Sepeda motor itu diketahui hilang sekitar pukul 11.13 WIB. Saat itu, sepeda motor diletakkan di depo dan ada seorang penjaga yang sedang tidur.

Kunci Vespa disimpan di dalam almari. Diduga, pelaku mengambil kunci yang tersimpan di almari kemudian membawa kabur Vespa tersebut. Vespa itu diketahui raib saat Hartana mendatangi depo pasir. Dia mendapati Vespa sudah tidak ada.

Kunci sepeda motor itu yang disimpan di lemari juga sudah raib. Peristiwa itu kemudian dilaporkan ke Polsek Jatinom. Sepeda motor seharga Rp89 juta itu belum lama ini dibeli Yolanda menggunakan uang pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya