SOLOPOS.COM - Ilustrasi perpustakaan. (Solopos-dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Himadikpa) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar kegiatan peningkatan literasi di Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar pada akhir Desember 2021 lalu. Kegiatan ini dikemas dalam acara bertajuk IPA Share Our Love to Another (ISOTON) 2021.

Salah satu kegiatan mereka adalah mengaktifkan kembali perpustakaan desa yang sempat tidak beroperasi sebelumnya. Pada pekan pertama, kegiatan yang digelar berupa pelatihan administrasi perpustakaan. Sasaran pelatihan ini adalah anggota Karang Taruna Desa Pojok dan Guru Taman Kanak-Kanak (TK) 2 Pojok. Hadir sebagai narasumber yakni dosen D3 Prodi Perpustakaan UNS, Bachrul Ilmi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pada pekan kedua Himadikpa mengadakan sosialisasi bertema Serunya Membaca Bersama yang ditujukan kepada para siswa SDN 3 Pojok. Kali ini, dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNS, Arif Setyawan, yang menjadi narasumber.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Bentuk Komite Ekonomi Kreatif, Ini Tugasnya

Sedangkan pekan ketiga diadakan pelatihan administrasi perpustakaan sesi kedua. ISOTON 2021 ditutup dengan peluncuran perpustakaan Pojok Baca di Desa Pojok, Minggu (12/12/2021) sebagai penanda dibukanya kembali perpustakaan desa tersebut.

Ketua panitia ISOTON 2021, Risa Qotrunnada, berharap kegiatan ini dapat memotivasi panitia untuk meningkatkan kemampuan literasi di desa mereka masing-masing literasi, serta masyarakat di Desa Pojok.

perpustakaan desa
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Himadikpa) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar kegiatan peningkatan literasi di Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar. (Istimewa)

“Saya harap setelah kegiatan ISOTON dilaksanakan, teman-teman panitia dapat berkontribusi untuk desa mereka dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi. Harapan saya untuk masyarakat Desa Pojok, semoga menjadi masyarakat yang intelek dan memiliki minat yang tinggi dalam membaca buku dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan desa,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya