SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (channelstv.com)

HIV/AIDS di Sukoharjo menjangkiti 240 orang.

Solopos.com, SUKOHARJO – Jumlah pengidap HIV/AIDS di Sukoharjo hingga September 2015 mencapai 240 orang. Dari angka tersebut, empat di antaranya adalah pegawai negeri sipil (PNS) serta tiga anggota TNI/Polri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hal ini diungkapkan Koordinator LSM Mitra Sebaya, Garis Subandi, saat ditemui wartawan di Kantor Komisi Peduli Aids (KPA) Sukoharjo, Kamis (15/10/2015).

Menurut dia, para PNS dan anggota TNI/Polri terjangkit penyakit HIV/AIDS lantaran melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

“Jadi kasus penyakit HIV/AID ibarat fenomena gunung es. Hanya sedikit yang terdeteksi padahal masih banyak penderita HIV/AIDS di Sukoharjo,” kata dia.

Menurut dia, mayoritas penderita HIV/AIDS merupakan para wiraswasta dan ibu rumah tangga (IRT).

Para IRT terjangkit penyakit HIV/AIDS dari suaminya yang melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Selain itu ada satu anak bawah lima tahun (balita) yang juga terjangkit penyakit HIV/AIDS.

Jumlah penderita penyakit HIV/AIDS meningkat secara signifikan. Hingga September, jumlah penderita penyakit HIV/AIDS mencapai 240 orang.

Sebelumnya, jumlah penderita penyakit HIV/AIDS hingga Juni mencapai 206 orang. “Jumlah penemuan penderita baru penyakit HIV/AIDS selama September sebanyak delapan orang,” ujar Subandi.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular DKK Sukoharjo, Bambang Sudiyono, mengatakan jumlah penderita penyakit HIV/AIDS yang meninggal dunia sebanyak 42 orang.

“Penderita HIV/AIDS terbanyak ditemukan di wilayah Kecamatan Kartasura dan Grogol. Di wilayah itu banyak tempat hiburan seperti karaoke dan pusat kebugaran,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya