SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar Juliyatmono (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR–Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berpesan kepada tenaga kesehatan agar mencintai profesi sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pesan itu disampaikan saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022 di halaman parkir RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, Sabtu (12/11/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Niatkanlah seluruh profesi kita dengan nawaitu beribadah yang baik, mencintai profesi, jiwai dengan baik dengan penuh semangat semoga semua sehat melayani masyarakat sepenuh hati,” ujarnya di hadapan perwakilan nakes Kabupaten Karanganyar.

Ia juga berpesan agar nakes selalu gembira meskipun banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, terlebih pada masa pandemi Covid-19. “Gembirakan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati kembali mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap Covid-19 yang belakangan ini terus naik jumlah kasusnya.

“Belakangan ini kasus Covid-19 kan naik lagi. Kami mengajak masyarakat untuk tetap waspada,” ujarnya.

Salah satu cara yang harus dilakukan dalam kewaspadaan tersebut memakai masker, melengkapi vaksin Covid-19, dan menerapkan pola hidup sehat agar badan kuat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit, tidak hanya Covid-19. “Ya dengan menerapkan pola hidup sehat,” imbuh dia.

Sementara itu, berdasarkan data Dinkes Karanganyar, kasus Covid-19 di wilayah setempat dalam sepakan mengalami kenaikan.

Pada Jumat (11/11/2022), jumlah kasus mencapai 90 dengan satu kasus kematian. Sedangkan pada Jumat (4/11/2022) jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 62 kasus.

Menanggapi tren kenaikan Covid-19 ini, sebelumnya Purwati mengatakan pemerintah memprediksi Covid-19 yang saat ini diperkirakan varian baru XBB tersebut tidak akan setinggi varian sebelumnya, sehingga ia mengimbau masyarakat agar tidak panik. Namun, meminta agar masyarakat selalu waspada.

“Terkait peningkatan kasus Covid-19 varian baru XBB saat ini diprediksi tidak akan setinggi, selama, dan seganas seperti  varian-varian sebelumnya sehingga diimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik. Tetapi tetap waspada menjaga diri dan keluarga dari penularan Covid-19 varian XBB dengan membatasi aktivitas diluar rumah yang tidak perlu kecuali aktivitas bisnis, perekonomian, pendidikan, dan pekerjaan tetap dilaksanakan dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan,” ujar Purwati, Senin (7/11/2022).

Caranya waspada dan menjaga diri tersebut terutama memakai masker diikuti dengan vaksinasi Covid 19 dosis 1, 2 dan tambahan. “Bagi yang memiliki komorbid agar rutin periksa kesehatan sehingga dapat terkontrol dan terkendali,” imbuh dia.

Di sisi lain, untuk mengantisipasi Covid-19 tersebut, semua puskesmas dan rumah sakit rujukan, serta laboratorium rujukan pemeriksaan swab RT PCR yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar masih tetap disiagakan.

“Semua puskesmas dan rumah sakit rujukan serta laboratorium rujukan pemeriksaan swab RT PCR sejak awal pandemi Covid-19 sampai dengan saat ini masih tetap disiapkan untuk menghadapi kejadian lonjakan kasus. Ini disesuaikan dengan mekanisme, tugas dan fungsi masing-masing fasilitas kesehatan disertai dengan kegiatan surveilans epidemiologi dari Dinas Kesehatan sebagai langkah kewaspadaan dini peningkatan kasus di suatu wilayah dan munculnya varian-varian baru,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya