SOLOPOS.COM - Ilustrasi properti tanah dan rumah. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah merampungkan program penataan kawasan perkumuhan di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon. Hal ini seiring dengan penyerahan 316 sertifikat tanah kepada warga di hak pakai atau HP 001 Kelurahan Mojo atau eks HP 16 Semanggi.

Prosesi penyerahan sertifikat tanah kepada warga dilakukan pada akhir pekan lalu. Acara seremoni tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo, Taufan Basuki Supardi, unsur forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Pasar Kliwon, dan warga.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Penataan HP 001, Sarjoko, mengatakan penataan dan pembangunan hunian bagi warga dilakukan dua tahap. Jumlah rumah yang dibangun pada tahap I sebanyak 253 unit. Pembangunan rumah dikerjakan pada 2021-2022.

“Penyerahan sertifikat tanah tahap I kepada warga dilakukan pada 2022. Sebagian warga langsung menempati rumah setelah menerima sertifikat tanah,” kata dia, Minggu (9/7/2023).

Pemerintah lantas melanjutkan pengerjaan pembangunan rumah tahap II sebanyak 316 unit. Pengerjaan pembangunan rumah ditarget rampung pada pertengahan 2023. Pembangunan hunian berukuran 40 meter persegi itu akhirnya rampung tepat waktu.

Sertifikat tanah juga langsung diserahkan kepada warga agar memiliki status hukum yang pasti. “Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Solo yang telah memberikan jaminan papan. Secara legalitas, keberadaan rumah di HP 001 sangat kuat karena setiap warga telah mengantongi sertifikat tanah,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo, Taufan Basuki Supardi mengatakan penataan kawasan perkumuhan tak hanya fokus pada pengerjaan proyek fisik melainkan pengadaan kelengkapannya seperti saluran air bersih, listrik hingga prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU).

Selama pengerjaan proyek fisik, warga juga turut dilibatkan menggarap pembangunan rumah hingga rampung. “Total jumlah rumah yang dibangun di HP 001 sebanyak 569 unit dengan skema multiyears. Jadi penataan kawasan perkumuhan di HP 001 sudah rampung,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya