SOLOPOS.COM - Ilustrasi remaja pentas seni berupa modern dance. (Freepik.com)

Solopos.com, SUKOHARJO  – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP di Kabupaten Sukoharjo kembali digelar pada tahun ini. Agenda tahunan tersebut akan diselenggarakan secara luring setelah sempat dilakukan daring selama pandemi.

Keterangan tersebut disampaikan Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Warsini, Rabu (13/7/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ini baru kali pertama [digelar secara luring] setelah pelaksanaan FLS2N dilaksanakan secara daring. Kalau sebelum-sebelumnya hanya mengirmkan video ya, karena memang masih pandemi Covid-19,” jelasnya saat ditemui usai membuka kegiatan di SMPN 1 Sukoharjo.

Dia menyebut saat ini siswa-siswi sedang mengalami masa penyesuaian kembali. Sehingga hanya beberapa siswa yang bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Total siswa yang ikut 194 dari tujuh cabang lomba. Cabang lomba dengan peserta terbanyak itu membaca puisi, mungkin karena persiapan dan kebutuhan alat tidak terlalu banyak dibandingkan dengan cabang lomba yang lain,” kata dia.

Baca juga: Solo Sumbang Terbanyak Juara FLS2N Nasional untuk Jawa Tengah

Warsini menambahkan lomba cabang puisi itu diikuti oleh 55 siswa dari siswa-siswi SMP di Sukoharjo. Selain itu lomba mendongeng diikuti 45 siswa, disusul lomba desain poster sejumlah 33 siswa.

Lomba solo vokal diikuti 31 siswa, lomba krativitas tari diikuti 16 regu, sementara lomba teater beregu diikuti oleh sembilan kelompok. Lomba gitar duet menjadi paling sedikit peserta dengan jumlah 5 kelompok.

Selanjutnya juara satu untuk cabang lomba krativitas tari, desain poster, duet gitar, dan solo vokal akan mewakili Kabupaten Sukoharjo maju ke tingkat FLS2N SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pemenang juga akan mendapatkan sejumlah uang pembinaan dengan dua kategori.

“Untuk pemenang jenis lomba perorangan juara satu akan mendapatkan Rp1,5 juta, juara dua Rp1 juta, dan juara ke tiga mendapat Rp750.000. Kalau untuk jenis lomba beregu juara satu mendapat Rp6 juta, juara dua mendapat Rp5 juta, dan juara tiga mendapat Rp4 juta,” terang Warsini.

Baca juga: LOMBA SENI NASIONAL : Kota Solo Boyong 3 Juara di FLS2N Tingkat Nasional

Tujuan FLS2N menurutnya sebagai sarana menggali bakat dan potensi peserta didik tingkat SMP dalam bidang Bahasa Indonesia dan Seni Budaya.

Selain itu untuk mendorong guru Bahasa Indonesia dan Seni Budaya agar meningkatkan potensi dan kompetensi guna membimbing peserta didik di masing-masing sekolah.

Meski demikian dia tak menampik dengan dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring sebelumnya membuat potensi siswa kurang tergali. Sehingga pelaksanaan FLS2N kali ini membutuhkan semangat yang ekstra bagi guru dan siswa.

Sementara itu Ketua Pelaksana FLS2N jenjang SMP Kabupaten Sukoharjo, Sri Mulyadi mengatakan pelaksanaan kegiatan itu berdasarkan surat dari Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi no. 0441/J3/DM.00.03/2022 tertanggal 17 Maret 2022 Tentang Informasi Olimpiade, Festival dan Lomba Bidang Dikdas 2022.

Selain itu pelaksanaan kegiatan itu juga berdasar pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Program Pendidikan SMP, Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreativitas siswa.

Baca juga: 19 SMP Sukoharjo Belum Terapkan Kurikulum Merdeka, Ini Penjelasannya

Sri Mulyadi mengatakan FLS2N SMP akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada Rabu (13/7/2022) hingga Kamis (14/7/2022).

“FLS2N SMP tingkat Kabupaten Sukoharjo taun 2022 dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sukoharjo, SMP N 4 Sukoharjo dan SMPN 1 Grogol selama dua hari,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya