SOLOPOS.COM - Objek Wisata Deles Indah Klaten. (Istimewa/Youtube Channel Moonedo)

Solopos.com, KLATENJalur evakuasi di lereng Gunung Merapi sekaligus jalan menuju kawasan Deles Indah di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang mulai mulus setelah dilakukan betonisasi jalan sepanjang 1,5 kilometer (km). Direncanakan, betonisasi jalan dilanjutkan Pemkab Klaten tahun depan.

Pagu anggaran perbaikan jalan tersebut di tahun ini Rp5 miliar. Pengecoran dilakukan dari sisi atas atau dekat Pesanggarahan Paku Buwono X di dekat Deles Indah hingga jalur menuju ke kantor Desa Sidorejo. Panjang jalan yang dicor sepanjang 1,5 km.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanto, mengatakan pengecoran jalan di wilayah Sidorejo sudah rampung.

“Pekerjaan tahun ini sudah selesai. Tahun depan diteruskan. Kalau tidak salah, insyaallah dialokasikan anggaran Rp10 miliar,” kata Suryanto saat dihubungi Solopos.com, Jumat (16/12/2022).

Salah satu warga Sidorejo, Sukiman, mengatakan pengecoran ruas jalan di wilayah Sidorejo yang dianggarkan Pemkab tahun ini sudah selesai. Namun, belum semua ruas jalur evakuasi diperbaiki.

Baca Juga: Terdampak Tol, Ratusan Kuburan dan 1 Musala di Brangkal Klaten bakal Dipindah

Hal itu seperti ruas jalan dari kantor Desa Sidorejo hingga simpang tiga Kaliwuluh yang masih rusak parah.

“Harapannya selesai paling tidak menyambung hingga di sisi bawah,” jelas Sukiman.

Meski belum semua ruas jalan rusak diperbaiki, Sukiman mengatakan perbaikan jalan itu mulai membantu warga. Selain jalur evakuasi yang mulai bagus dan memudahkan aktivitas warga setempat, perbaikan jalan di jalur evakuasi yang juga jalur menuju Deles Indah itu mulai menunjukkan dampak terhadap kunjungan wisatawan.

“Sudah ada beberapa orang yang lewat di sana [jalan yang diperbaiki]. Ada peningkatan pengunjung 20 persen sampai 30 persen,” jelas dia.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Klaten Sita 1.301 Botol Miras

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sidorejo, Sarjino, mengatakan jauh sebelumnya saat kondisi ruas jalan mulus, Deles Indah menjadi salah satu objek wisata alam yang ramai pengunjung. Seiring rusaknya jalan, jumlah pengunjung kian menurun hingga tak ada orang yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Sarjino berharap perbaikan jalan bisa dilakukan di seluruh ruas jalan kabupaten menjadi jalur evakuasi di wilayah Sidorejo. Masih ada sekitar 3,5 km jalan yang kondisinya rusak parah.

“Dengan ruas jalan yang baru dibangun 1,5 km saja sudah mulai banyak wisatawan yang datang. Mudah-mudahan 3,5 km jalan yang masih rusak bisa dibangun dan bisa mengangkat lagi perekonomian warga [dari sektor pariwisata],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya