SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan putra Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan di Masjid Sheikh Zayed Solo, Solo, Minggu (11/12/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLOMasjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Solo, bakal dibuka untuk masyarakat umum pada empat pekan ke depan atau Januari 2023. Perwakilan Uni Emirat Arab (UEA) bakal ikut dalam kepengurusan masjid.

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di Balai Kota Solo, Senin (12/12/2022). Gibran ikut mendampingi saat putra Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, bersama Presiden Jokowi mengunjungi masjid tersebut, Minggu (11/12/2022) sore.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami kejar empat pekan lagi. Perintah dari beliau [Khaled] harus segera dibuka. Pengurus masjid mau kolaborasi, bukan dari Solo saja namun dari Abu Dhabi [UEA] mau berpartisipasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan masih ada pekerjaan fisik berupa finishing pada beberapa bagian sebelum Masjid Sheikh Zayed Solo bisa dibuka. Selain itu, masih ada proses administrasi serah terima dari pelaksana proyek kepada pemerintah.

“Finishing, kurang yang kecil-kecil diperbaiki,” paparnya. Dia mengatakan belum memastikan tanggal pembukaan masjid namun seluruh proses pembangunan ditargetkan bisa selesai dan masjid dibuka dalam empat pekan ke depan.

Baca Juga: Jagong Kaesang, Putra Presiden UEA Ditemani Jokowi ke Masjid Sheikh Zayed Solo

“Kalau bisa lebih cepat lebih bagus,” ujarnya. Dia mengatakan ada sejumlah staf dari universitas di UEA yang ditunjuk pemerintah UEA untuk ikut mengurus Masjid Sheikh Zayed Solo. Pembiayaan untuk operasional dari pemerintah Indonesia dan UEA.

“Anggaran berdua. Penginnya ditanggung berdua. Apa-apa berdua,” kata Gibran. Sebelumnya, Sheikh Khalid menjadi salah satu undangan yang menghadiri tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu malam.

Kedatangan Khaled untuk mewakili ayahnya menghadiri resepsi atau syukuran pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu. Sheikh Khaled mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada Minggu kemudian bersama Presiden Jokowi mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo pada Minggu siang.

Baca Juga: Profil Sheikh Khaled, Pangeran UEA yang Jadi Tamu Tasyakuran Pernikahan Kaesang

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga ikut mendampingi merek dalam kunjungan singkat tersebut. Sheikh Khaled kemudian datang ke acara tasyakuran pada Minggu malam dan sempat mencium cucu Presiden Jokowi Jan Ethes Srinarendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya