SOLOPOS.COM - Ratusan pemudik berfoto bersama dengan Sekda Karanganyar, Timotius Suryadi di Pendapa RM Said rumah dinas Bupati Karanganyar pada Sabtu (15/4/2023) malam. (Istimewa/Pagaranyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan pemudik dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai tiba di wilayah Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (15/4/2023) malam.

Ratusan pemudik warga perantauan ini tiba menggunakan armada bus mudik gratis Pemkab Karanganyar 2023. Sembilan unit bus mudik gratis disediakan Pemkab di tahun ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kabid Lalu lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar, Bambang Prasetya, mengatakan sembilan unit bus diberangkatkan dari Jakarta pada Sabtu siang. Rombongan bus tersebut diberangkatkan langsung oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pukul 14.00 WIB.

Sembilan bus tiba di Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Sabtu (15/4/2023) pukul 23.30 WIB. Para pemudik disambut langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Timotius Suryadi beserta beberapa kepala OPD.

“Di tahun ini, program mudik gratis bagi warga Kabupaten Karanganyar yang berada di Jabodetabek disediakan 11 unit bus. Sembilan bus dari Pemkab dan dua unit bus dari mudik gratis Pemprov Jateng,” katanya, Minggu (16/4/2023).

Secara keseluruhan dapat mengakomodir 550 orang pemudik. Dua bus dari program mudik dari provinsi rencana berangkat pada Senin (17/4/2023) pukul 10.00 WIB.

Ketua Paguyuban Warga Karanganyar (Pagaranyar), Sukirdi Suryo, mengatakan antusias perantau untuk mudik ke kampung halaman saat Lebaran tahun ini sangat tinggi. Hal ini setelah tiga tahun mereka ngempet tak mudik karena pandemi Covid-19.

Sementara jumlah armada bus program mudik gratis yang disediakan Pemkab Karanganyar cukup terbatas. Pemkab hanya mengalokasikan sembilan unit bus dan dua unit bus bantuan Pemprov Jateng.

Dua unit bus mudik gratis ini akan diberangkatkan pada Senin (17/4/2023) dari Museum Purna bakti TMII Jakarta oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Rencana rombongan dilepas pukul 10.00 WIB.

Selain itu juga akan dilepas bus mudik gratis bantuan Pemprov DKI Jakarta. Karanganyar mendapatkan lima unit bus mudik gratis yang rencana diberangkatkan dari Monas pukul 09.00 WIB. Lima bus dari DKI ini akan turun di Terminal Tirtonadi.

“Bantuan Pemprov Jateng tiba di Karanganyar. Termasuk dari bantuan dari Bandung satu unit bus diberangkatkan tanggal 17 April,” katanya.

Total untuk Karanganyar ada 22 unit bus. Selain dari Pemkab, Pemprov Jateng dan DKI Jakarta juga bantuan dari CSR dan partai politik. Satu unit busnya memberangkatkan 50 pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya