SOLOPOS.COM - Salat iduladha di masjid sheikh zayed solo tahun ini merupakan kali pertama seusai dibuka pada Ramadha tahun ini. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana mengintegrasikan akses Stasiun Solo Balapan-Terminal Tirtonadi- Masjid Raya Sheikh Zayed – Pura Mangkunegaran dengan jalur pejalan kaki.

Rencana itu dipaparkan Gibran kepada Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Yogyakarta Bambang Respationo bersama timnya ketika melakukan pertemuan tertutup di Balai Kota Solo, Selasa (4/7/2023) pagi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu disampaikan Gibran kepada Daops 6 Yogyakarta menyusul semakin bertambahnya penumpang KRL dan KA Banyubiru dengan tujuan Solo khusus tempat wisata.

“Tadi saya membahas [Stasiun] Balapan, skybridge, [Terminal] Tirtonadi, Masjid Raya Sheikh Zayed, harus terintegrasi apalagi KRL (kereta rel listrk) ramai banget sekarang, KRL yang sampai Palur ramai banget,” kata dia ditemui wartawan.

Menurut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan membangun koridor di Jl. A Yani untuk memudahkan pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed dari Terminal Tirtonadi dengan dana hibah Uni Emirat Arab (UEA) tahun ini.

Dia mengatakan Pemkot Solo juga menyediakan layanan shuttle bus untuk memudahkan para pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed dari tempat parkir yang tersedia. Gibran juga berencana menambah akses bagi pejalan kaki di Stasiun Solo Balapan dengan sejumlah tempat wisata.

“Tahun ini Jl. A. Yani dulu. Tahun depan yang Stasiun Solo Balapan ke Pura Mangkunegaran, Stasiun Solo Balapan ke Masjid Raya Sheikh Zayed. Pakai dana APBD,” ujarnya.

Selain itu, Gibran akan berkoordinasi dengan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu untuk mendorong penambahan jumlah penumpang KA Banyubiru. KA memiliki potensi yang cerah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata.

Menurut Gibran, Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta yang baru, yakni Bambang Respationo cukup kooperatif. Pemkot Solo dan Daop VI Yogyakarta bakal mengusulkan penambahan perjalanan KRL menjadi 24 perjalanan waktu saat weekday atau hari kerja dan 30 perjalanan saat weekend atau akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya