SOLOPOS.COM - Personel Polres Wonogiri mengadakan kegiatan bakti religi di Sendang Siwani yang merupakan petilasan RM Said di Selogiri, Wonogiri, Senin (19/6/2023). (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Polres Wonogiri mengadakan berbagai acara untuk memperingati HUT ke-77 Bhayangkara, salah satunya dengan kegiatan bakti religi di dua tempat bersejarah di Kota Sukses.

Kedua tempat itu adalah Sendang Siwani yang merupakan petilasan Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa di Kecamatan Selogiri dan Masjid Tiban Wonokerso di Kecamatan Baturetno.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kegiatan yang berlangsung Senin (19/6/2023) tersebut dihadiri Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, Wakapolres Wonogiri Kompol Andi Mohamad Akbar Mekuo, PJU, Kapolsek, Perwira dan anggota.

Kapolres Wonogiri, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah mengatakan kegiatan bakti religi Polres Wonogiri itu diwujudkan dengan pengecatan dan pembersihan dua tempat bersejarah tersebut.

“Ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap leluhur,” kata Kapolres seperti dikutip Solopos.com dari tribratanews.wonogiri.jateng.polri.go.id, Selasa (20/6/2023).

AKBP Indra mengatakan budaya nusantara yang adiluhung membuat Indonesia dikenal negara-negara lain sebagai negara yang kaya akan budaya dan tradisi.

Sementara itu, dalam video yang diunggah di akun Instagram Polres Wonogiri @polres_wonogiri, Selasa, baik juru kunci Masjid Tiban Wonokerso di Baturetno maupun juru kunci Sendang Siwani di Selogiri mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kapolres Wonogiri dan jajarannya pada tempat bersejarah.

Mereka berharap kegiatan serupa bisa diadakan secara rutin sekaligus memberikan motivasi dan edukasi kepada generasi muda dalam upaya pelestarian tempat-tempat bersejarah peninggalan leluhur.

Seperti diketahui, Masjid Tiban Wonokerso yang berada di Desa Sedangrejo, Baturetno, dipercaya merupakan peninggalan Wali Songo. Masjid itu sudah berusia ratusan tahun.

Sedangkan Sendang Siwani di Selogiri yang juga jadi sasaran bakti religi Polres Wonogiri merupakan petilasan Raden Mas (RM) Said yang juga dikenal sebagai Pangeran Sambernyawa.

RM Said yang kemudian menjadi penguasa atau adipati pertama Pura Mangkunegaran Solo menjadikan wilayah Selogiri sebagai basis perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Sementara itu, dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Bhayangkara, Polres Wonogiri mengadakan berbagai kegiatan seperti Gowes Bareng TNI-Polri dan Forkopimda Wonogiri pada Jumat (9/6/2023).

Kemudian Lomba Menembak di Lapangan Tembak Sanika Satyawada Polres Wonogiri yang juga diikuti personel dari Polres tetangga pada Kamis (15/6/2023). Ada pula jalan sehat, fun run, pertunjukan reog hingga bazar UMKM pada Sabtu (17/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya